PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN TAMU DI DAVIENNA BOUTIQUE HOTEL

Authors

  • Sari Epami Sipahutar Prodi Manajemen Divisi Kamar; Politeknik Pariwisata Batam, Batam
  • Zahara Fatimah Prodi Manajemen Divisi Kamar; Politeknik Pariwisata Batam, Batam
  • Arina Luthfini Lubis Prodi Manajemen Divisi Kamar; Politeknik Pariwisata Batam, Batam

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu, Hote

Abstract

Kualitas pelayanan merujuk pada seberapa baik layanan yang diberikan oleh suatu organisasi atau individu memenuhi atau melebihi harapan tamu (Simon Ahie, 2019) Kepuasan ini salah satu terpenting karena berdampak langsung pada loyalitas, retensi dan reputasi keberlanjutan bisnis hotel. Hasil observasi yang sudah dilakukan bahwa sebagian tamu hotel Da Vienna Boutique Hotel Batam memberikan penilaian dengan beberapa keluhan dan guest comment yang menjadi salah satu permasalahan dari Da Vienna Boutique Hotel Batam. maka peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Tamu Di Davienna Boutique Hotel. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 50. Hasil dari penelitian variabel kualitas pelayanan ditemukan bahwa indikator terbanyak yaitu indikator reability dengan hasil lebih banyak responden yang ‘sangat setuju’ dengan frekuensi 46 (92%) dan tangibles dengan responden ‘sangat setuju’ 44 (88%). Hasil dari penelitian variabel kepuasan tamu ditemukan bahwa indikator terbanyak yaitu indikator feedback dan review responden yang ‘sangat setuju’ 37 (74%) dan inovasi dengan hasil lebih banyak responden yang ‘setuju’ dengan frekuensi 35 (70%) Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai thitung sebesar 1,545 dan nilai ttabel sebesar 1,299 (1,545 > 1,299)  yang berarti thitung lebih besar dari pada ttabel , maka hasil hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan tamu. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,647. Sedangkan, besarnya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 64,7% sedangkan sisanya 36,3% pengaruh dari faktor lain.

References

As Shiddiqi, R., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Analisis Keterampilan Pribadi Room Attendant Untuk Meningkatkan Kepuasan Pengunjung the Golden Bay Hotel Batam. Jurnal Mekar, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i1.159

Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K., & Lubis, A. L. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Kamar di Beverly Hotel Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 9(1), 101–116.

Basit, A., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 165. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i2.954

BPS Kota Batam. (2023). Jumlah Wisatawan Mancanegara yang Datang Kunjungan.

Da Vienna Boutique Hotel Batam. (2024a). Profil Da Vienna Boutique Hotel Batam.

Da Vienna Boutique Hotel Batam. (2024b). Ulasan Google.

Destiana Baetie. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara. Jom Fisip, 5(1), 1–27.

Fakhri, N., Supardi, & Lubis, A. L. (2024). Strategi Peningkatan Sanitasi Room Attendant Untuk Menciptakan Citra Positif Pada Sahid Batam Center Hotel & Convention. Jurnal Mekar, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.244

Giovani, Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Implikasi Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Masjid Jabal Arafah Destinasi Kota Batam. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 655–666. https://doi.org/10.47492/jih.v12i2.2984.

Jefri, Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Peranan Room Attendant Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu di Hotel Golden View. Jurnal Mekar, 2(1), 34–38. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jmr.v2i1.150

Keller, K. &. (2003). Strategic brand management: building,measuring, and managing brand equity (Prentice Hall. (ed.)). New Jersey.

Lubis, A. L., Supardi, Fatimah, Z., & Wibowo, A. (2024). Sosialisasi Ilmu Pengetahuan Hospitality Agar Menjadi Hotelier Profesional di SMAN 19 Batam. Jurnal Keker Wisata, 2(2), 224–236. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jkw.v1i1.93x

Lubis, A. L., Supardi, S., Fatimah, Z., & Rajin, G. (2024). Pelatihan Peningkatan Kualitas Layanan Pelanggan Restoran RM. Sederhana Winsor Batam. Jurnal Keker Wisata, 2(2), 197–210. https://doi.org/10.59193/jkw.v2i2.265

Mabruroh, S. K., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Pengaruh Instagram Terhadap Keputusan Pengunjung Untuk Berwisata ke Mega Wisata Ocarina Kota Batam. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 11(3), 388–398.

Morysa, J., & Lubis, A. L. (2023). Daya Tarik Wisata Puncak Beliung Batam : Pengaruh Amenitas , Pelayanan , dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 7(2), 279–292.

Nurliza, Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2024). Analisis Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir Di Batam. Jurnal Mekar, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.238

Parhusip, F. A., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Kinerja Karyawan Departemen Housekeeping Di Swiss-Belhotel Harbor Bay Batam Hasil Pelatihan Kerja. Jurnal Mekar, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i1.153

Purba, R. R., & Alfian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Bumi Malaya Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 406–413.

Putri, M., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2024). IMPLEMENTASI PELATIHAN KERJA DALAM MENANGANI GUEST COMPLAINT PADA FRONT OFFICE DI OS HOTEL TANJUNG. Jurnal Mekar, 3(1), 6–13. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jmr.v3i1.285

Putri, S. P. A., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Analisis Pengaruh Kinerja Pengawas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Pacific Palace Batam. Jurnal Mata Pariwisata, 2(1), 29–33. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/terapan_pariwisata_5

Rahmiati. (2018). Pengaruh Lokasi, Pelayanan, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Ayam Gepuk Pak Gembus Palembang.

Safira, P., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Karakteristik Pengunjung Objek Wisata Piugus Resort Desa Belibak di Kepulauan Anambas Riau. Journal of Tourism and Interdisciplinary Studies, 3(2), 84–98. https://jotis.triatmamulya.ac.id/index.php/jotis/article/view/122

Setiawan, S. K. I., Lubis, A. L., & Supardi, S. (2023). The Influence of 3A (Attractions, Accessibility, and Amenities) on Tourists’ Decisions to Visit Ciptaland Beach, Batam City. E-Journal of Tourism, 10(2), 287. https://doi.org/10.24922/eot.v10i2.108066

Setyawati, A. N., & Soedarmadi, S. (2021). Analisis Pengaruh Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(2), 112–127. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i2.3132

Siburian, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Graha Indah Pare-pare. Jurnal Mirai Management, 7(3), 176–191. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492

Simon Ahie. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Hotel Benua Mas Pontianak. Jurnal Ekonomi STIEP, 4(1), 27–34. https://doi.org/10.54526/jes.v4i1.13

Sugiyono. (2018). desain, Populasidan Sampel penelitian. 4, 18–35.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran.

Thungasal, C., & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 287133.

Winny, Wibowo, A. E., & Lubis, A. L. (2024). The Influence of Promotion on the Decision To Stay at Swiss-Belhotel Harbor Bay. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 08(01), 302–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37484/jmph.080118 The

Wulanda, O. D., Wibowo, A., Lubis, A. L., & Fatimah, Z. (2023). Peran Komunikasi Interpersonal Front Office dalam Meningkatkan Pengalaman Tamu di Asialink Hotel By Prasanthy Batam. Jurnal Mekar, 3(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jmr.v3i1.287

Downloads

Published

2024-10-29

Issue

Section

Articles