PENGARUH WORD OF MOUTH, LOYALITAS MERK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ZIGMA GROSIR DENPASAR, BALI
Keywords:
Word of Mouth, Loyalitas Merk, Kesadaran Merk dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris Word of Mouth, Loyalitas Merek, dan Kesadaran Merek terhadap keputusan pembelian konsumen Zigma Denpasar. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 100 orang konsumen Zigma Denpasar yang dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa variabel Word of Mouth, Loyalitas Merek, dan Kesadaran Merek positif terhadap keputusan pembelian konsumen Zigma Denpasar. Hasil ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam keputusan pembelian konsumen selanjutnya di masa yang akan datang.
References
Aaker, David A. 2007. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Al-Rasyid, Harun. 2008, Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala, Materi Kuliah Program Pascasarjana, Bandung: Universitas Padjajaran.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dharmesta dan Irawan. 2001. Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta; Liberty.
Durianto, Darmadi, Sugiarto dan T. Sitinjak. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Engel, Robert L, David. A. Frisbie, 2001, “Essential of Educational Measurement”, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Engel, James F., Blackwee; Roger D., Miniard, Paul W. 2004. Perilaku Konsumen Jilid I. Edisi 6. Dialih bahasakan oleh F.X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Gujarati, Damodar, 2005, Ekonometrika Dasar, Jakarta: Erlangga.
Hadi, Sutrisno. 2007. Metodologi Reseach. Jilid II. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut (Word Of Mouth Marketing). Yogyakarta: Media Press.
Hughes, Mark. 2005. Buzz Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Computindo
Hakala, Ulla, Johan Svensson, dan Zsuzsanna Vincze. 2012. Consumer-Based Brand Equity and Top-Of-Mind Awareness: A Cross-Country Analysis. “Journal of Product & Brand Management “. Vol. 21, No. 6, Hal.: 439–451.
Hilman, Muhammad Noer Ichbal. 2013. Analisis Pengaruh Word of Mouth, Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, dan Saluran Distribusi), dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Swift (Studi Kasus pada Swift Club Indonesia). journal.uinjkt.ac.id
Ghozali, Imam , 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Janita, Ike. 2005. Inspirasi Bisnis: Perspektif Baru dalam Strategi Branding, Bisnis, dan Karir. Jakarta: Amara Books.
Kotler dan Amstrong, 2008. Dasar Dasar Pemasaran. Edisi ke Sembilan. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Penerjemah: Benjamin Molan. Edisi Kedua Belas, Jilid 1, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
S Rahayu, LN Wati. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadapKepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan
Kotler, 2010. Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. New Jersey: Prentice-Hall.
Lamb, Hair dan McDaniel, 2001.
Lubis, Mega Fitri Inda Sari dan kawan-kawan. 2016. Analisis Pengaruh Brand Equity, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Positif terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Salon Rambut Johny Andrean Matahari Semarang). Journal of Management Vol.02 No.02 , Maret 2016
Lupiyoadi dan Hamdani, 2008. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Mahendrayasa, Andhanu Catur dan kawan-kawan. 2014. Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “Im3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 12 No. 1 Juli 2014. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Ma’rifah, El Rizqi, N Kustiningsih. 2022. Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif D’elixir.
Sri Rahayu. 2019. Kepuasan dan Loyalitas pelanggan terhadap Objek Wisata
Mangkunegaran, Prabu Anwar. 2009. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi, Jakarta: Refika Adi Tama.
Morisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Pernada Media Group.
Mowen, John C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Dialihbahasakan oleh Dwi Kartini Yahya. Jilid 2. Ed. 5. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Santoso, Singgih. 2010. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Sekaran, Uma. 2008. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Simamora, Bilson. 2008. Aura Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Singarimbun, Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.
Situmorang, Syafrizal H. 2011. Bisnis Konsep dan Kasus, Cetakan Pertama. Medan: USU Press.
Sirverman, George. 2009. The Secrets of Word of mouth Marketing. How Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of mouth. USA: American Library Association.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
RM Inayah, DLC Gumilang, ZN Annisa, NK Kusmayanti. 2024. Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Body Care Herborist di Sidoarjo.
Sulaksana, Uyung. 2007. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supranto, J. 2006. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi VI. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Temporal, Paul dan Lee, KC. 2002. Hi-Tech Hi-Touch Branding. Terjemahan Anastasia. Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, Fandi. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein. 2006. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. cetakan ke-empat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
S Sundjoto, AS HADI 2012. Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merekterhadap Ekuitas Merek Susu Cair dalam Kemasan “Frisian Flag”.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rafli Rahmansyah, Sri Rahayu, Nanik Kustiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.