STUDI KEPUASAN WISATAWAN DARI SUDUT KOMPONEN PARIWISATA DI TAMAN BUNGA CELOSIA BANDUNGAN

Authors

  • Teti Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Trenggono Trenggono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

Keywords:

Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Aktivitas dan Kepuasan Wisatawan

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kepuasan wisatawan. Dalam penelitian dibatasi komponen wisata terhadap kepuasan wisatawan karena akan membawa kemajuan bagi pengelola. Tujuan penelitian adalah menjelaskan pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, amenitas dan Aktivitas terhadap kepuasan wisatawan di Taman Bunga Celosia Bandungan dan menjelaskan bersam-sama variabel atraksi, aksesibilitas, amenitas dan aktivitas terhadap kepuasan wisatawan di Taman Bunga Celosia Bandungan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Sampel sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terdapat variabel dependen. Uji model, uji hipotesis dilakukan dengan didahului uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa atraksi berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di Taman Bunga Celosia Bandungan, aksesibilitas berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Amenitas berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di Taman Bunga Celosia Bandungan, Aktivitas berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di Taman Bunga Celosia Bandungan. Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, dan Aktivitas berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan di Taman Bunga Celosia Bandunganusif.

References

Ari Kunto, S. (2019). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Buhalis, Dimitros. 2000. Marketing The Competitive Destination of The Future. Tourism. Journal of Management. Volume 21, Issue 1.

Brown, and Stange. 2015. Tourism Destination Management. Washington University

Hadiwijoyo, Surya Sakti. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis. Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Henry, Y. Enik, R (2022) Pengaruh Citra Wisata Nilai Budaya Resonansi Pelanggan pada Minat Berkunjung Pada Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 8 No 2, Desember 2022.

Ginting. (2005). Manejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Kiyosaki, RT. 1992. Educating for Sustainable Tourism. Proceeding of

the International Conference, Slovenia. Japan.

Kotler, P. (2016). Managemen Pemasaran : Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol . Jakarta: PT. Prehallindo.

Leksono. (2010). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung : Alfabeta.

Middleton, V. (2001). Marketing in Travel anf Tourism. Oxford : Butterworth - Heinemann

Pitana, I Gede. & Surya Diarta, I Ketut. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogjakarta : Andi Yogjakarta.

Sammeng .AM. (2000). Cakrawala Pariwisata. Jakarta. Balai Pustaka.

Soekadijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwisata Memahami Pariwisata sebagai Sistematik Linkage. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Stankovic, I. J. (2009). Challenges of Strategic Marketing Of Tourist Destination Under The Crisis Condition. Jurnal Of Economi and Organisation Vol. 6, 23-31.

Sugiama, A Gima. 2014. Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Aset Pariwisata Edisi 1. Guardaya Intimarta: Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Supranto. (2006). Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Rieneka Cipta

Susanto, A. (2004). Sistem Informasi Akutansi . Bandung.

Suryadi. (2007). Psikologi konseling. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

Tjiptono, Fandy. 2019. "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yoeti, O. A. (2008). Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Undang-undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009 Pasal 1 Tentang Kepariwisataan.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles