PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK MOCACINO PADA TOKO MEISYA DI SAMPIT

Authors

  • Eko Cahyo Purnomo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.888

Keywords:

Promotion Word Of Mouth, Citra Merek, Dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Toko Meisya yang beralamat di Jalan D.I Penjaitan No. 01 RT. 024 RW. 004 Mentawa Baru Hilir, Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan Accidental sampling. Dan data diuji dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis. Untuk analisis data penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, dan analisis determinasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada penelitian ini adalah uji-t (parsial) untuk variabel Promotion Word Of Mouth (X1) yaitu thitung 7.516 > ttabel 1.99346 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara promotion word of mouth terhadap keputusan pembelian. Sedangkan uji-t (parsial) untuk variabel Citra Merek (X2) yaitu thitung 7.890 > ttabel 1.99346 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian. Kemudian untuk uji-f (simultan) fhitung 88.977  > ftabel 3,12 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh promotion word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino pada Toko Meisya di Sampit. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh angka R sebesar 0,844 menunjukkan bahwa promotion word of mouth (X1) dan citra merek (X2) secara bersama-sama memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino. R square sebesar 0,712  artinya 71,2% variabel keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisanya sebesar 28.8% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini seperti harga, saluran distribusi, dan kualitas produk. Untuk hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 4,454 + 0,431 (X1) + 0,327 (X2) artinya nilai konstanta (α) menunjukkan apabila tidak ada kenaikan dari variabel promotion word of mouth dan citra merek, maka nilai keputusan pembelian adalah sebesar 4,454. Dan setiap penambahan satu nilai variabel promotion word of mouth memberikan kenaikan sebesar 0,431 terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino dengan syarat X2 tetap, serta setiap penambahan satu nilai variabel citra merek memberikan nilai yang sama sebesar 0,327 terhadap keputusan pembelian Rokok Mocacino dengan X1 tetap

References

Abdullah, T dan Tantri, F. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asi, Y. S., Assagaf, A., & Indrasari, M. (2024). The Determinans Of Purchase Decision Through Customer Satisfaction Moderated By Social Media Marketing On Traditional Product Of Micro Small And Medium Entereprises (Msmes) Of Central Kalimantan. Educational Administration: Theory and Practice, 30(5), 1-to.

Astuti, E. D., Safitri, K., Setrojoyo, S. M., & Wibowo, T. S. (2023). Effect of Transformational Leadership, Job Satisfaction, and Interpersonal Communication on Organizational Citizenship Behavior with Organizational Commitment as Mediation Variable at the Tax Office. International Journal of Professional Business Review, 8(7), e02634-e02634.

Alamsyah, G. F. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Kunci Mas Pada Pt. Sarimekar Cahaya Persada Sampit. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 88-100.

Butarbutar, I. P., Purnamasari, N., & Safitri, K. (2023). AN ANALYSIS ON FIVE FORCES DAN BCG MATRIX FOR APPLE INC. COMPANY. Maker: Jurnal Manajemen, 9(2), 229-240.

Collin, P.H dan Ivanovic A. 2004. Dictionary Of Marketing. Third Edition. Bloomsbury Publishing Plc. United States Of America.

Harjadi. 2008. WOM Communication sebagai Alternatif Kreatif dalam Komunikasi Pemasaran.

Hasan. 2014. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Buku I, Cetakan Kedua. Penerbit CAPS, Yogyakarta.

Hossain Nezakati, Chin Sock Khim, and Omid Asgari 2011. Decision-Making Determinants in Working Women's Clothes Purchasing – Malaysia Evidence. http://www.ijtef.org/papers/133-S00028.pdf

Juwaini, A., Chidir, G., Novitasari, D., Iskandar, J., Hutagalung, D., Pramono, T., ... & Purwanto, A. (2022). The role of customer e-trust, customer e-service quality and customer e-satisfaction on customer e-loyalty. International journal of data and network science, 6(2), 477-486.

Kotler dan Amstrong. 2014. Principles of Marketing (Global Edition, ed. 15). England : Pearson Education Limited.

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management, 14E Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Muamar, M., Syamsudin, A., Yunikewaty, Y., Ludang, Y., Firlianty, F., & Suharno, S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa STIE Sampit. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(1), 73-81.

Oetama, S., & Susanto, H. (2023). The Influence Of Brand Experience On Brand Loyalty Through Brand Satisfaction And Brand Trust In Indomie Mie In Sampit. International Journal of Science, Technology & Management, 4(1), 273-287.

Oetama, S. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI INTERNET DI SAMPIT (STUDI KASUS PENGGUNA TIK-TOK SHOP). Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 01-11.

Peter, Paul J. dan Jerry C. Olson. 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Dialihbahasakan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, E. S. A., & Safitri, K. (2022). Kualitas Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Memediasi Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 131-136.

Raesita. 2015. Pengaruh Promotion Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Phone Cell Android. Jurnal Vol. 2 No. 1. Universitas Galuh Ciamis. (1 April 2015)

Rudini, A. (2022). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN GALERI BATIK DI SAMPIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 10-16.

Ratna, Dwi .K.S. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Word Of Mouth Cummunication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV.Mega Jaya Mebel Semarang. Jurnal.Universitas Diponegoro .

Syafril, S., Selvanus, S., As-Syahri, H., Susanto, H., Wahyudi, W., & Syaifullah, S. (2024). Path analysis of factors that influence students in choosing a study program to get to their dream job. Jurnal Ekonomi, 13(01), 740-755.

Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L. 2013. Consumer Behavior. 8th edition.

Sernovitz. 2009. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. New York: Kaplan.

Simamora. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sumardy, Marlin Silviana dan Melina Melone. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supranto. Limakrisna, Nandan. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta.

Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran (Cetakan Pertama). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Susanto, H., Muamar, M., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., & Riyadi, A. (2023). THE INFLUENCE OF PRICE AND TRUST ON CONSUMER SATISFACTION IN SHOPPING ONLINE SHOP (TOKOPEDIA) IN SAMPIT. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1052-1061.

Yulista, Yera. 2012. “Model Word of Mouth dalam Komunikasi Pemasaran Perguruan Tinggi”, Journal Communication Spectrum, Vol 2 No 1.

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles