PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERPIHAK PADA SISWA BERDASARKAN PEMETAAN ASET DENGAN ALUR BAGJA OLEH CALON GURU PENGGERAK (CGP) SMK NEGERI 1 KEMANGKON

Authors

  • Turyono Turyono Jurusan Manajemen, Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Andi Supriyadi Jurusan Manajemen, Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Bambang Guritno Jurusan Manajemen, Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Hendra Jaya Jurusan Manajemen, Semarang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.883

Keywords:

Calon Guru Penggerak (CGP), Student-Centered School Program, School Development Program, Bagja Flow

Abstract

Siswa berfungsi sebagai landasan bagi semua proses pengambilan keputusan di sekolah. Melalui filosofi dan metafora “bercocok tanam padi”, Ki Hajar Dewantara menganjurkan bahwa dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru harus secara sadar dan sistematis membangun ekosistem yang mendukung pembelajaran siswa, sehingga dapat berkembang sesuai dengan fitrahnya. Oleh karena itu, ketika merancang program/kegiatan pembelajaran di sekolah, baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler, siswa juga harus menjadi pertimbangan utama. Dalam Program Pendidikan Pemberdayaan Guru (PPGP), digali sejauh mana guru dapat melibatkan siswa dalam proses pengambilan keputusan terkait program/kegiatan pembelajaran tersebut. Guru di PPGP diharapkan dapat mengembangkan gagasan hasil kolaborasi menjadi rencana aksi transformatif berbasis Appreciative Inquiry dalam bentuk rencana program/kegiatan dengan memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA

References

Hammond, L. D. 2015. Preparing principals for changing world. San Fransisco, CAL: John Wiley & Sons.

Cooperrider, D. L., & Whitney, D. K. (2005). Appreciative inquiry: A positive revolution in change. Berrett-Koehler Publishers.

Cooperrider. D, D. Whitney, & J. Stavros. (2008). Appreciative Inquiry Handbook for Leaders of Change. Berrett-Koehler Publishers.

Dharma, Aditya. (2022). Modul 1.3 “Misi Guru Penggerak” Edisi 3 (Januari 2022). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Green, G.P., & Haines, A. (2008). Asset Building and Community Development. Sage Publications International Educational and Professional.

Suharsih, S& Widiastuti,Y. (2022). Modul 3.2 “Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya” Edisi Ketiga (Januari 2022). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kusuma, O.D., Sari, I. & Suharsih, S (2022). Modul 3.3 “Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid” Edisi Ketiga (Januari 2022). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Bandura, A. (2006). Toward a Psychology of Human Agency. Perspectives on Psychological Science 1(2):164-180. doi 10.1111/j.1745-6916.2006.00011

Cooperrider. D, D. Whitney, & J. Stavros. (2008). Appreciative Inquiry Handbook forLeaders of Change. Berrett-Koehler Publishers.

Noble, T. & H. McGrath. (2016). The PROSPER school pathways for student wellbeing:Policy and practices. SpringerBriefs in well-being and quality of life research. Springer,Australia.

OECD (2019). The Future of Education and Skills. OECD Learning Compass 2030. A series of concept notes.

Rainer, J. & M. Matthews. (2002). Ownership of Learning in Teacher Education. Action in Teacher Education 24. doi: 10.1080/01626620.2002.10463264.

Senge, P. M., Cambron-McCabe, N. H., Lucas, T., Smith, B., Dutton, J., & Kleiner, A. (2012). Schools that learn: A fifth discipline fieldbook for educators, parents, and everyone who cares about education. New York: Crown Business.

Thibodeaux, T., D. Harapnuik, and C. Cummings. (2019). Student Perceptions of the Influence of Choice, Ownership, and Voice in Learning and the Learning Environment. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 31(1), p. 50-62. http://www.isetl.org/ijtlhe/

Voltz, D. L., & Damiano-Lantz, M. (1993). Developing Ownership in Learning. TEACHING Exceptional Children, 25(4), 18–22. https://doi.org/10.1177/004005999302500405

https://www.education.vic.gov.au/school/teachers/teachingresources/discipline/humanities/civics/Pages/studentvoice.aspx diunduh pada tanggal 16 Maret 2024

https://marzanoacademies.org/interventions-and-initiatives/student-agency/ diunduh pada tanggal 16 Maret 2024

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles