PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, EPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA DI SEMARANG

Authors

  • Aladdin Taher Omar Elghawi Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Sapto Supriyanto Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Bambang Guritno Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Samtono Samtono Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.882

Keywords:

Kinerja Guru, Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja

Abstract

Kinerja guru merupakan kinerja dimana dilakukan oleh guru didalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh (1) kepemimpinan transformasional kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang (2) kepuasan kerja kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang (3) motivasi kerja kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang (4) kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, motivasi kerja,  kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang. Metode penelitiannya adalah kuantitatif, jenis penelitiann yang digunakan adalah asosiatif research, populasi atau sampel dalam penelitian ini adalah guru SMA swasta di Semarang. Teknik pengambilan sampelnya dengan probability sampling dan teknik   random sampling. Menggunakan kuesioner dengan populasi sebanyak 61 responden dengan analisis menggunaka bantuan program SPSS versi 26. Hasil yang diperoleh pada penelitian kepemimpinan transformasional, peuasan kerja dan motivasi kerja secara parsial memiliki pengaruh kepada kinerja guru SMA swasta di Semarang. Sedangkan pengaruh secara simultan diperoleh kepemimpinan transformasional, kepeuasan kerja, dan motivasi kerja bersama-sama memiliki pengaruh kepada kinerja guru SMA swasta di Semarang

References

Addin, F. N., Bintang Kejora, M. T., & Kosim, A. (2020). “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 153. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16673

Afandi, P. (2018). Teori, Konsep dan Indikator Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Yogyakarta: Nusa Media.

Amirullah Hanafi & Rindyah. (2001). “Pengantar Manajemen”. Malang : Universitas Negeri Malang (UM Press).

Damanik, B. E. (2018). “Pengaruh Kemampuan Intelektual dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru”. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 143. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.6356

George, J. M., & Jones, G. (2005). Understanding and managing organizational behavior. New Jersey: Upper Saddle River.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Lie, Tjiong F. "Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja pada CV. Union Event Planner." Agora, vol. 6, no. 1, 2018.

Margareth, H. (n.d.). “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Kasus Pada Divisi Network Management Pt Indosat, Tbk.)”.

O’Leary, Elizabeth. 2001. Kepemimpinan Edisi Pertama. Yogyakarta.

Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. Judge (2009). Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

S., Susmiyati S. "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Se-kabupaten Tulungagung." IAIN Tulungagung Research Collections, vol. 11, no. 1, 2016, pp. 185-200, doi:10.21274/epis.2016.11.1.185-200.

Setiyati, S., Negeri, S., & Gunungkidul, W. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–206. https://doi.org/10.21831/JPTK.V22I2.8931

Setiyati, S., Negeri, S., & Gunungkidul, W. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–206. https://doi.org/10.21831/JPTK.V22I2.893.

Simamora, H. (2004). “Manajemen Sumber Daya Manusia”.

Sudarman, E. (2023). “Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Smkn 1 Karawang”. 6(1).

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyorini. (2001). “Jurnal Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan”. 28, 1028.

Werang, B. R. (n.d.). “Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Moral Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Merauke”.

Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741

Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54-63. doi:https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741

Yanti, D. A. W., & Mursidi, M. (2021). “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.266

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles