PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, EPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SWASTA DI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.882Keywords:
Kinerja Guru, Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Motivasi KerjaAbstract
Kinerja guru merupakan kinerja dimana dilakukan oleh guru didalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh (1) kepemimpinan transformasional kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang (2) kepuasan kerja kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang (3) motivasi kerja kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang (4) kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, motivasi kerja, kepada kinerja guru di SMA swasta di Semarang. Metode penelitiannya adalah kuantitatif, jenis penelitiann yang digunakan adalah asosiatif research, populasi atau sampel dalam penelitian ini adalah guru SMA swasta di Semarang. Teknik pengambilan sampelnya dengan probability sampling dan teknik random sampling. Menggunakan kuesioner dengan populasi sebanyak 61 responden dengan analisis menggunaka bantuan program SPSS versi 26. Hasil yang diperoleh pada penelitian kepemimpinan transformasional, peuasan kerja dan motivasi kerja secara parsial memiliki pengaruh kepada kinerja guru SMA swasta di Semarang. Sedangkan pengaruh secara simultan diperoleh kepemimpinan transformasional, kepeuasan kerja, dan motivasi kerja bersama-sama memiliki pengaruh kepada kinerja guru SMA swasta di Semarang
References
Addin, F. N., Bintang Kejora, M. T., & Kosim, A. (2020). “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 153. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16673
Afandi, P. (2018). Teori, Konsep dan Indikator Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Yogyakarta: Nusa Media.
Amirullah Hanafi & Rindyah. (2001). “Pengantar Manajemen”. Malang : Universitas Negeri Malang (UM Press).
Damanik, B. E. (2018). “Pengaruh Kemampuan Intelektual dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru”. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 143. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.6356
George, J. M., & Jones, G. (2005). Understanding and managing organizational behavior. New Jersey: Upper Saddle River.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
Lie, Tjiong F. "Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja pada CV. Union Event Planner." Agora, vol. 6, no. 1, 2018.
Margareth, H. (n.d.). “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Kasus Pada Divisi Network Management Pt Indosat, Tbk.)”.
O’Leary, Elizabeth. 2001. Kepemimpinan Edisi Pertama. Yogyakarta.
Robbins, Stephen P., & Judge, Timothy A. Judge (2009). Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.
S., Susmiyati S. "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Se-kabupaten Tulungagung." IAIN Tulungagung Research Collections, vol. 11, no. 1, 2016, pp. 185-200, doi:10.21274/epis.2016.11.1.185-200.
Setiyati, S., Negeri, S., & Gunungkidul, W. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–206. https://doi.org/10.21831/JPTK.V22I2.8931
Setiyati, S., Negeri, S., & Gunungkidul, W. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 200–206. https://doi.org/10.21831/JPTK.V22I2.893.
Simamora, H. (2004). “Manajemen Sumber Daya Manusia”.
Sudarman, E. (2023). “Pengaruh Kualitas Layanan Pembelajaran dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didik di Smkn 1 Karawang”. 6(1).
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyorini. (2001). “Jurnal Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan”. 28, 1028.
Werang, B. R. (n.d.). “Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Moral Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Merauke”.
Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741
Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54-63. doi:https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.35741
Yanti, D. A. W., & Mursidi, M. (2021). “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.266
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aladdin Taher Omar Elghawi, Sapto Supriyanto, Bambang Guritno, Samtono Samtono
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.