ANALISIS STRATEGI KONTEN PROMOSI AKUN INSTAGRAM @MUSEUMRANGGAWARSITA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN

Authors

  • Ami Saptiyono Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang
  • Gita Aprinta E.B Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.874

Keywords:

Strategi Konten, 4C Heuer, Instagram, Museum

Abstract

Media Sosial sebagai media yang menjembatan komunikasi antar manusia, saat inisudah digunakan oleh berbagai pihak untuk menyebarkan informasi dengan berbagai tujuan terutama dalam hal pemasaran. Salah satu  media sosial yang saat ini banyak digunakan adalah Instagram, hal tersebut disebabkan oleh adanya fitur pengolahan foto, video dan text dalam media sosial ini. Teori atau model yang saat ini cukup efektif digunakan dalam social media marketing adalah C Heuer yang memilikki 4 komponen di dalamya, yaitu context, communication, collaboration dan conextion dijadikan acuan dalam memperoleh perhatian dari khalayak yang dituju. Salah satu institusi yang memiliki tujuan tersebut adalah Museum Ranggawarsita, kota Semarang, Jawa Tengah yang saat ini sedang aktif melakukan re branding, dengan menyebarkan informasi terutama terkait dengan promosi menggunakan Instagram. Kompkesitas kebutuhan promosi Museum Ranggawarsita menuntut adanya stratregi konten yang efektif dan efisien dalam menarik minat berkunjung khalayal. Melalui model 4 C Heuer, dapat dilihat bahwa postingan postingan  promosi dalam akun Instagram @museumranggawarsita sudah cukup memenuhi kriteria dalam komponen komponen model 4 C Heuer, dan ini dibuktikan dengan adanya kenaikan pengunjung dari tahun ke tahun

References

Alvionita, and Mei Ie. 2021. “PENGARUH KONTEKS TEKNOLOGI, KONTEKS ORGANISASI DAN KONTEKS LINGKUNGAN TERHADAP ADOPSI MEDIA SOSIAL BAGI UMKM.” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis 5(1):214–24.

AlSharji, Adel, Syed Zamberi Ahmad, and Abdul Rahim Abu Bakar. 2018. “Understanding Social Media Adoption in SMEs: Empirical Evidence from the United Arab Emirates.” Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies 10(2):302–28.

ranggawarsita museum. 2016. “Sejarah Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.” Https://Ranggawarsitamuseum.Id/. Retrieved June 10, 2024 (https://ranggawarsitamuseum.id/).

Annur, Cindy Mutia. 2024. “Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan Di Indonesia Awal 2024.” Databoks. Retrieved June 10, 2024 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024).

Kusnandar, Viva Budy. 2023. “Piramida Penduduk Indonesia 2022, Usia Produktif Mendominasi.” Databoks. Retrieved June 10, 2024 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/piramida-penduduk-indonesia-2022-usia-produktif-mendominasi).

Yonatan, Agnes Z. 2023. “Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023.” GoodStats. Retrieved June 10, 2024 (https://data.goodstats.id/statistic/pengguna-instagram-berdasarkan-rentang-usia-2023-MEdzz).

Kadiasti, Ristia, and Mukaromah. 2022. “Pendekatan AISAS Dalam Bentuk Post Instagram Carousel Sebagai Strategi Promosi Di Museum Ranggawarsita.” Ultimar 15(1):79–89.

Ariyani, Putri Meliana, Yunus Winoto, and Saleha Rodiah. 2023. “EFEKTIVITAS PROMOSI MUSEUM BENTENG VREDEBURG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @MUSEUM.BENTENG.VREDEBURG DENGAN ANALISIS MODEL ATR.” Jurnal Pariwisata Indonesia 19(1):9–23.

Arininta, Syifa, and Euis Widiati. 2023. “Penggunaan Instagram Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Museum Nasional Indonesia.” Kompeten 2(1):334–41.

Mutia, Arina Manasiska, and Ritantri Kristina. 2020. “PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI MUSEUM OF JAKARTA (MOJA) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (Survei Pada Followers Instagram MoJa Art & Space).” PANTAREI 4(2).

Nugraheni, Yuli, and Anastasia Yuni W. 2017. “Anastasia Yuni W.” KOMUNIKATIF 6(1):13–30.

Firdiansyah, Abrar. 2024. “Memahami Social Media Marketing, Dari Pengertian Sampai Strateginya.” Glints. Retrieved June 10, 2024 (https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-social-media-marketing/).

Lauren, Stephanie, Hanny Saputri, and Shekinah Magda. 2022. “Analysis of the Use of Instagram as a Publication Media in Building a Brand Image of @Kurve.Official.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 5(1):1687–96.

Solihat, Ani, Rani Rahmayani, Martina Nur Syifa, Iis Iskandar, Handayani, and Rina Dwi. 2020. “Media Sosial Untuk Meningkatkan Minat Kunjung Museum Foto 3D Amazing Art World.” ALTASIA 2(1):20–28.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

AP, Agus. 2022. “Tembus 10 Ribu Pengunjung, Museum Ranggawarsita Makin Diminati.” Radarsemarang.Jawapos, July 6.

KompasTV Jateng. 2023. “Capai 71 Ribu Pengunjung, Museum Ranggawarsita Lampaui Target.” Kompas.Tv.

Downloads

Published

2024-07-25

Issue

Section

Articles