ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI EKOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.868Keywords:
Analisis, Berpikir Kreatif, EkologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa Kelas VII SMP Methodist Pematang Siantar. Tahap pengumpulan data menggunakan instrumen tes berisi soal deskriptif yang telah dirancang sesuai dengan indikator berpikir kreatif. Hasil uji validasi instrumen menunjukkan seluruh soal diterima dan layak. Analisis data penelitian secara semi kualitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian melalui tes keterampilan berpikir kreatif dengan model pembelajaran PBL diperoleh bahwa di kelas VII SMP Methodist Pematang Siantar diperoleh bahwa nilai keterampilan berpikir kreatif Fluency 0,71, Fleksibility 0,63 dalam kategori sedang, Originality 0,74 dalam kategori tinggi dan Elaboration 0,77 dalam kategori tinggi. sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang lebih luas
References
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.239 -248
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121– 130.
Asrizal, A., Hendri, A., & Festiyed, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS), November, 49–57.
Atun, I., Jayadinata, A.K., & Abdurrozak, R., (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.
Chen, & Febe. (2010). Be Creative! Menjadi Pribadi Kreatif 100 Pengertian untuk Mengembangkan Kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Tama.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. Journal of Elementary Education, 2(6), 235–239.
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas VIII di Kota Cimahi pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 333–346. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.333 -346
Gardner, H. (2007). Five Minds for the Future. Massahusetts: Harvard Busines Scholl Press
Gathong, S., & Chamrat, S. (2019). The Implementation of Science, Technology and Society Environment (STSE)-Based Learning for Developing Pre-Service General Science Teachers’ Understanding of the Nature of Science by Empirical Evidence. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 354–360. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.19442
Hu W, Adey P 2010 A scientific creativity test for secondary school students. Int. J. Sci. Educ.
Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117-132.
Kleiman, P. , (2008). Towards Transformation: Conceptions of Creativity in Higher Education, Innovations in Education and Teaching International, 45(3), 209-217.
Kruse, D. (2009). Thinking Strategies for the Inquiry Classroom. Carlton South, Victoria: Curriculum Corporation.
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. 3(5), 1– 10.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta
Prasetyo, N. A. & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup pada Matakuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19-27.
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12– 27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.960 8
Siswono, T. Y. E. (2006). Desain Tugas Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Surabaya: Unesa University Press.
Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.
Sujarwo, E., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun. JKPM: Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–9.
Susanto. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yuliani, H. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Menengah di Palangkaraya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3 (1), 48-56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gunaria Siagian, Masni Veronika Situmorang, Mastiur Verawaty Silalahi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.