ANALISIS KEMAMPUAN KERJA DAN KUALITAS PELAYANAN STAF SALES AND MARKETING TERHADAP KEPUASAN TAMU HOTEL NOORMANS SEMARANG

Authors

  • Artin bayu Unisbank Semarang
  • Wahyu Mafatikhul Aulia Ndaru Prasastono
  • Ndaru Prasastono AKS Ibu Kartini

Keywords:

kemampuan kerja, kualitas pelayanan, sales and marketing, kepuasan tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kerja dan kualitas pelayanan staf Sales and Marketing terhadap Kepuasan Tamu Hotel Noormans Semarang. Untuk memberikan kepuasan kepada pelangganya, maka pihak hotel harus mempersiapkan sumber daya manusianya guna memenangkan persaingan tersebut, dalam hal ini adalah sumber daya manusia yang bekerja pada Salesa and Marketing Department, sehingga mampu memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan kepada tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode pengumpulan datanya adalah melalui kuesioner, responden dan studi pustaka. Adapun hasilnya adalah kepuasan tamu mampu dipengaruhi oleh kemamapuan kerja dan kualitas pelayanan staf Sales and Marketing, dan menurut jawaban tamu dimensi yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan tamu terdapat pada dimensi dimensi kesesuaian harapan sebesar 61,3% dan minat berkunjung kembali yaitu sebesar 66,7% serta dimensi kesediaan merekomendasikan sebesar 65,3%. Sedangkan hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah terpenuhinya kepuasan tamu dengan kemampuan kerja dan kualitas pelayanan dari staf Sales and Marketing Hotel Noormans Semarang.

References

Andini, FA dan Auliya, A. . (2023). Strategi Penerapan Bauran Pemasaran pada Kegiatan “Semarang Heritage Family Run 2022”. Journal of Tourism and Economic, 6(2), 153-167. doi:https://doi.org/10.36594/jtec/w63dtk26

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Bagyono. (2016). Teori dan Praktik Hotel Front Office. Bandung: Alfabeta.

Basnet, SD dan Auliya, A. . (2022). Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosila dalam Penyelenggaraan Event Inacraft 2022. Journal of Tourism and Economic, 5 (1), 18 - 31. doi:https:// //doi.org/10.36594/jtec/gp940703

Blanchard., dan Hersey. 2013. Kepemimpinan irokrasi, Terjemahaan Harbani Pasolong. Alfabeta, Bandung.

Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hanggraini. (2012). Perilaku Organisasi. Jakarta: LPFE UI.

Hermawan, H., Brahmanto, E dan Faizal H. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: Penerbit NEM. (dalam Hery Krestanto. 2019. Jurnal Media Wisata. Volume 17. Nomor 1. Mei 2019)

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014). Principle of Marketing. 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Mazur, Paul. Marketing and the Social Challenge of Our Time.

Robbins, Stephen dan Timothy A. Judge, (2015). Perilaku Organisasi Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat

Rosita, AA, dkk . (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk (Studi Kasus Goecog Resto, Yogyakarta). Journal of Tourism and Economic, 5(1), 97-106. doi: https://doi.org/10.36594/jtec/z42cwg05

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, Agus. (2008). Manajemen Penyelenggraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tung Desem Waringin, 2008, Marketing Revolution. Jakarta: Penerbit Gramedia

Undang-Undang No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Widodo, CO, dkk (2023). The Influence of E-WOM on Instagram, Destination Image and Domestic Tourist Satisfaction on the Intention to Revisit Jakarta Aquarium and Safari. Journal of Tourism and Economic, 6(1), 27-40.doi: https://doi.org/10.36594/jtec/e6v6n1a3

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles