EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN OCCUPANCY

Authors

  • Anak Agung Istri Agung Maheswari Program Studi Destinasi Pariwisata, Universitas Pendidikan Nasional
  • Angelyn Gavryla Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Nasional
  • Jonathan Jacob Paul Latupeirissa Program Studi Administrasi Publik, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Gusti Ngurah Darma Paramartha Program Studi Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Nasional

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Segmentasi Pasar, Promosi, Social Media

Abstract

Komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting didalam dunia bisnis dan dengan adanya sosial media tentunya akan membawa pengaruh besar terhadap suatu perusahaan. Komunikasi pemasaran melalui sosial media mempunyai dampak positif untuk meningkatkan occupancy hotel. Untuk meningkatkan occupancy adalah dengan melakukan promosi-promosi pada sosial media, karena dengan cara seperti itu bisa membuat para wisatawan tertarik dengan promosi-promosi yang diberikan oleh Maya Sanur Resort & Spa Bali. Meningkatnya pariwisata di Indonesia dipercaya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif bagi industri perhotelan. Dengan menggunakan metode kualitatif serta menggunakan teknik purposive sampling untuk mencari sampel dari perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil temuan, Maya Sanur Resort & Spa Bali didalam menggunakan sosial media sebagai pemasaran atau promosi untuk membangun minat audiens atau target pasar terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh Maya Sanur Resort & Spa Bali, kemudian untuk membantu menemukan audiens/target pasar yang tepat sesuai dengan brand image Maya Sanur Resort & Spa Bali, serta memperluas target pasar dan meningkatkan brand awareness serta penjualan

References

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.

Kotler, Philip., Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Moriarty, Sandra., dkk, 2009. Advertising. Jakarta: Kencana.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Boyd, Walker, Larreche. 2016. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Puntoadi, Danis, 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Komputindo.

As’ad H. Abu Rumman dan Anas Y. Alhadid. 2014. The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Provider in Jordan. Science Private University, Amman, Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res Vol 3.

Van Dijk. (2013). The Culture of Connectivity: Critical History of social media. UK: Oxford University Press.

As’ad H. Abu Rumman dan Anas Y. Alhadid. 2014. The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Provider in Jordan. Science Private University, Amman, Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res Vol 3.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiarto. (2009). Struktur Modal, Struktur Kepemilikan Perusahaan, Permasalahan Keagenan dan Informasi Asimetri, Yogyakarta, Graha Ilmu

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles