ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, GAYA HIDUP & PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Singgih Santoso Duta Wacana Christian University
  • Claudya Christie Tuminting

Keywords:

kualitas produk, gaya hidup, persepsi harga, keputusan pembelian

Abstract

Perilaku konsumen pada produk hedonik di Indonesia saat ini lebih dikarenakan faktor budaya moderen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, gaya hidup dan presepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jumlah sampel yang diambil sebanyak seratus responden dengan metode purposive random sampling yang diukur menggunakan skala likert dengan kuisioner yang disebar melalui Google Form. Data yang diperoleh diolah dengan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan gaya hidup tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Astiti, V. D., & Diponegoro, P. W. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Sophie Martin di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, Vol.19 No.

Bagida, D. L., Tumbel, T. M., & Mukuan, D. (2021). Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada CV. Lion Jailolo. Productivity, 147.

Bilgies, A. F. (2016). Peran kualitas produk, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan billagio skincareclinicsidoarjo. Ekonika, 78-90.

Damanik, Y. R., Saragih, Y. H., & Sinaga, S. O. (2023). Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada minat beli ulang konsumen (studi kasus pada produk tahu walik siantar). JURNAL EKONOMI , 2302 - 5964.

Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh persepsi harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 70.

Hidayat, R. I., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh gaya hidup, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian . JURNAL MANAJEMEN , 470-478.

Hutabalian, Y. H. (2015). Peran costumer service dalam meningkatkan mutu pelayanan di pt bank rakyat indonesia (persero) tbk unit piliteknik. ACTA DIURNA, 12.

Karnawati, T. A., & Santoso, R. (2023). Keputusan Pembelian Sepatu di FU Second Branded Malang yang dipengaruhi oleh Gaya Hidup, Harga dan Kualitas Produk. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 480.

Lestari, A. T., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh brand ambassador korea lee minho, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian sunscreen azarine (studi pada mahasiswa aktif fakultas ekonomika dan bisnis unesa). Jurnal Pendidikan Tata Niaga.

Nasution, A. A. (2020). Pengaruh persepsi harga, desain produk, dan preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian mobil mitsubishi xpander (studi kasus pt. Nusantara berlian motor medan). Jurnal ilmiah simantek, Vol. 4 No. 3.

Novitasani, L. (2018). Perubahan gaya hidup konsumtif pada mahasiswa urban di unesa. Paradigma, volume 02 nomer 03.

Nurulhuda, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek di Kota Tasikmalaya (Survei pada Mahasiswa Prodi Manajemen di Kota Tasikmalaya (Survei pada Mahasiswa Prodi Manajemen di Kota Tasikmalay. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3450.

Rahmayanti, N., & Saifuddin, M. (2021). Pengaruh brand image, harga, dan fashion lifestyle terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thrift shop online instagram. Cakrawala Management Business Journal, 847.

Rangian, M. C., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk ms glow tomohon. Jurnal EMBA, 284-294.

Rehansyah, F., & Lucy Nancy Simatupang, S. M. (2023). Pengaruh desain produk, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek adidas (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen USNI.

Romadon, A. S., Pramusinto, M. A., & Kamelia, S. N. (2023). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian melalui shopee. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 672-682.

Safitri, A. L. (2022). Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Fashion di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pelanggan Zalora.co.id di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 26-35.

Sean, D., & Amron. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek,Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk H&M. Jurnal Mirai Management, 270 - 275.

Vauzand, E., & Soliha, E. (2022). Keputusan Pembelian : Peran Kualitas, Produk,Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang). Jurnal Mirai Manajemen, 18 - 26.

Yuansyah, D., A. L., & Hutami, L. T. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Life Style terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Merek Uniqlo (Studi Kasus pada Mahasiswa di Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 3265-3269.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles