MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN AISAS PADA KONTEN TIKTOK PRODUK BARENBLISS

Authors

  • Nuning Indah Pratiwi Universitas Pendidikan Nasional https://orcid.org/0000-0001-8022-3500
  • Meilia Puspita Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Wahyu Indra Satria Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, TikTok, AISAS, Barenbliss

Abstract

Brand Barenbliss menggunakan TikTok sebagai sarana komunikasi pemasaran. Pada penelitian ini menggunakan model pemasaran AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi pemasaran AISAS berdasarkan penyajian konten TikTok produk Barenbliss. Pendekatan pada penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi tertruktur dan studi dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Barenbliss sudah baik memanfaatkan TikTok sebagai sarana komunikasi pemasaran dengan membuat konten, berkomunikasi dengan konsumen melalui live streaming. Attention Barenbliss mampu menyajian konten menarik untuk membentuk perhatian dan kesadaran. Tahap interest mampu membentuk ketertarikan dari segi keunggulan dan keunikan produk. TikTok memiliki berbagai sumber untuk mengumpulkan pencarian informasi, konten Barenbliss dan content creator sebagai sumber pendukung. Tahap action Barenbliss memberikan kemudahan masyarakat untuk membeli produknya dengan mencantumkan link di bio media sosial. Tahap share masyarakat memberikan feedback untuk meningkatkan citra brand Barenbliss. Kontribusi penelitian ini mengenai implementasi model AISAS suatu brand dengan penyajian konten TikTok menjadi hal yang utama Barenbliss memasarkan produk hingga orang membagikannya.

References

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Palembang : Bening Media Publishing.

Adlan, H., & Indahingwati, A. (2020). Analisis Model AISAS Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Penggunaan SEO (Kajian Empiris Konsumen Di Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(1).

Aisyah, T. L., & Alfikri, M. (2023). Analisis Model Komunikasi AISAS (Attention, Interest, Search, Action dan Share) Pada Beauty Platform (Studi Kasus: Brand Somethinc di Female Daily). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(2), 616-626.

Andriyani, T., Yusi, M. S., & Firdaus, Y. (2022). Social Media Effectiveness as a Promotional Medium to Increase Sales Volume. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 42-52.

Annur, C. M. (2023). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia per April 2023, Nyaris Salip AS?. Diterima dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as

AS, N. D., & Amalia, D. Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Digital@ surabayaterkini melalui Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) pada Tiktok. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6846-6853.

Fahmi, R. A., Mutiah, S., & Kom, M. I. (2023). Komunikasi Pemasaran Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dalam Strategi Membangun Reputasi Brand Dailyhotels. ID. The Commercium, 7(1), 190-198.

Fajriani, M. D., & Nursholih, S. (2023). Penerapan Model Komunikasi Pemasaran AISAS Dan Teori Komunikasi Harold D. Laswell Pada Bobobox Bersama Daniel Mananta. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 8(2), 191-208.

Firdaus, G., & Sukardani, P. S. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Grace and Glow Melalui Kanal Media Sosial Tiktok. The Commercium, 7(1), 209-218.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan : CV Penerbit Qiara Media.

Handadi, R. S., Lubis, F. O., & Nurkinan, N. (2022). Pemanfaatan Instagram Pada Akun@ Kintamanibakery dalam Meningkatkan Perhatian Pengguna Instagram. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(7), 2608-2614.

Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo : UMSIDA PRESS.

Humaira, N. (2021). AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) Model Of Cosmetics Marketing Communication on Online Beauty Forum (Case-Study: Avoskin marketing on Sociolla). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 186-200.

Hutapea, T. M., (2022). Analisis Model Attention – Interest – Search – Action – Share terhadap Akun Instagram @bodanation Sebagai Media Baru Pemasaran. PERSPEKTIF, 11 (2), 751 – 761.

Irena, P. (2023). Respon Pengguna Shopee pada Iklan Shopee COD dengan Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, & Share). Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 255-266.

Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree. id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1), 135-141.

Pradika, M. F., & Sumardjijati, S. (2023). Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pemasaran Pof Perfume. Journal on Education, 5(4), 12807-12820.

Pratiwi, N. I., & Husen, A. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Tik Tok Pada Remaja di Denpasar Saat Pandemi. The Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 42-51.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : CV Pustaka Setia.

Virginia, & Wijaya, L. S. (2020). Analisis Aisas Model Terhadap “BTS Effect” Sebagai Brand Ambassador dan Influencer. Journal Komunikasi, 11(2). 93-100.

Zinaida, R. S., & Muhammad, A. Z. P. (2024). Strategi Marketing Communication dalam Proses Client Service di Radio Trax FM Palembang dalam Meningkatkan Kerjasama. Jurnal Media Bina Ilmiah, 18(7). 1859-1864.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles