PENGARUH SUASANA TOKO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA ALFAMART PAGUTAN KECAMATAN BATUKLIANG

Authors

  • Rian Indranopa Universitas Teknologi Mataram
  • Fitria Ika Agustina 3Universitas Teknologi Mataram
  • Solfia Hidayah 3Jurusan Manajamen Pemasaran, UTM

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.691

Keywords:

Store Atmosphere, Minat Beli Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen. Jenis penelitian yang akan dilakukan bersifat asosiatif kausal (sebab akibat), dan penentuan responden menggunakan sampling insidental. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan angket serta alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Untuk menganalisis pengaruh store atmosphere digunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi Berganda (R2).

Dari penelitian variabel exterior dan interior display berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada Alfamart Pagutan Kecamatan Batukliang. Hal ini dapat dilihat pada uji t yang menyatakan t hitung sebesar (0,944; 1,030) < t tabel (1,982). Sedangkan variabel yang memiliki koefisien paling besar berdasarkan standardized coefficients Beta adalah variabel Exterior (X1) dan Interior Display (X4) yaitu sama-sama sebesar 0,280. Dengan demikian, variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap minat beli konsumen pada Alfamart Pagutan Kecamatan Batukliang adalah variabel Exterior dan Interior Display.

Dari hasil penelitian tersebut, perusahaan hendaknya memperhatikan dan memperbaiki general interior (bagian dalam toko) yang terdiri dari pencahayaan, pendinginu adara dan kebersihan, serta memperhatikan dan memperbaiki store layout (tata letak toko) yang terdiri dari penataan barang, jenis pakaian dan fasilitas toko

References

B. Prasetyo, W. Laksito, and S. Siswanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Operator Telekomunikasi Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 2, pp. 7–12, 2013.

F. Candra, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Alfamart Ketintang Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 06, p. 8, 2018.

D. W. T. Putra and M. Epriyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Motor Jenis Sport 150Cc Berbasis Web Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp),” J. Teknoif, vol. 5, no. 2, pp. 16–24, 2017, doi: 10.21063/jtif.2017.v5.2.16-24.

D. Tansala, T. M. Tumbel, and O. F. C. Walangitan, “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado,” J. Adm. Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 21, 2019, doi: 10.35797/jab.8.1.2019.23496.21-27.

K. Albi, “Pengaruh Pemasaran Digital dan Suasana Toko,” J. Manaj. Strateg. dan Apl., vol. 3, no. 1, pp. 21–30, 2020.

D. Triwahyudi and A. Yanto, “Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Alfamart Kamal Dafed,” J. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 4, pp. 1117–1129, 2013.

R. Indranopa and A. Hermanto, “Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Distro-Distro di Mataram),” Target J. Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 195–216, 2020, doi: 10.30812/target.v2i2.967.

V. L. Delimah Pasaribu, “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran De’Cost Giant Pamulang Square Tangerang Selatan,” J. MANAJERIAL, vol. 19, no. 2, pp. 156–167, 2020, doi: 10.17509/manajerial.v19i2.23740.

D. P. Wulandari and M. Ariyanti, “PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SEJIWA COFFEE Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online),” Dian Pertiwi Wulandari, vol. 1, no. 1, pp. 57–71, 2019.

B. Alma, “Pemasaran dan Pemasaran Jasa,” in Pemasaran dan Pemasaran Jasa, 2011.

F. Z. Mahendra and D. A. Nugroho, “Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Akun Instagam @authenticsid),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Downloads

Published

2024-07-21

Issue

Section

Articles