MODERASI BERAGAMA DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Authors

  • I Gede Bayu Wijaya Jurusan Dharma Duta, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Keywords:

Moderasi Beragama, UMKM, Peningkatan Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor moderasi beragama terhadap peningkatan perekonomian para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang berada di Kota Mataram. Moderasi beragama dibutuhkan dalam setiap bidang pada lini kehidupan, dengan moderasi beragama akan memunculkan keharmonisan, kerukunan, saling mengharga dan kerja sama. Dalam kegiatan ekonomi, moderasi beragama bermanfaat didalam pengembangan usaha yang di jalankannya, moderasi meminalisir persaingan yang tidak baik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa faktor moderasi beragama berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi yang ditunjukan berdasarkan data statistik dengan bantuan aplikasi SPSS dengan uji t dimana variabel moderasi beragama berpengaruh sebesar 2.861 dengan perbandingan t tabel sebesar 1.663. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor moderasi beragama berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi pada usaha mikro kecil dan menengah.  Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang ekonomi dan bidang lainnya yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi

References

Abdullah Munir, Aisyahnur Nasution, Abd. Amri Siregar, D. (2020). Moderasi Beragama di Era Disrupsi Digital. In Zigie Utama.

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi (Kajian Islam dan Keberagaman). Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 280. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174.

Achmad, K. (2001). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Asumsi Klasik (Cetakan Pe). Alfabeta.

Adisasmita, R. (2013). Teori-Teori Pembangunan Ekonomi,Pertumbuhan Ekonomi Dan Pertumbuhan Wilayah. Cetakan Pertama, 4.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak. In Simposium Nasional Keuangan Negara (pp. 995–1115).

Muhammad Rizki Fadillah, dkk. (2021). Membentuk Masyarakat Wirausaha Mandiri Dan Berjiwa Moderasi Beragama Di Desa Sei Merah Kecamatan Tanjung Morawa. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2), 276–284.

Nurwendi, W., & Haryadi, D. (2022). Peran Ambidexterity Organisasi Sebagai Variabel Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Masa Covid-19. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 47–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.513

Qurratul A’yun Nailufarh. (2010). “Kesejahteraan Ekonomi Rakyat ; di Antara Harapan dan Realitas.”

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trihudiyatmanto, M. (2021). Ambidexterity Dalam Perkembangan UMKM Retail Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i2.1700.

Umar, N. (2019). Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. PT. Elex Media Komputindo.

Wijaya, I. G. B. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 52–60. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/10446/3127

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles