ANALISIS KADAR TIMBAL (PB) PADA URINE PEKERJA BENGKEL DI WILAYAH DENPASAR BARAT

Authors

  • Ni Luh Nova Dilisca Dwi Putri STIKes Wira Medika Bali
  • Sri Idayani STIKes Wira Medika Bali

Keywords:

Timbal, Urine, Petugas Bengkel

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang menjadikan polusi logam berat seperti timbal merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Timbal merupakan sumber pencemaran terbesar jika dilihat dari pencemaran udara ambient di beberapa lokasi-lokasi tertentu. Kendaraan bermotor merupakan sumber pencemaran timbal terbesar yaitu 100%. Paparan logam berat timbal jika masuk ke dalam tubuh maka dapat mengakibatkan terjadinya permasalahan kesehatan. Urine atau air kencing merupakan salah satu sisa metabolisme tubuh yang dapat memberikan gambaran keadaan kesehatan tubuh kita. Deteksi dini keracunan timbal dapat dilakukan dengan pemeriksaan urine secara kualitatif dengan menggunakan beberapa pereaksi kimia dengan melihat endapan yang terbentuk. Screening test dengan menggunakan pereaksi kimia tidak membutuhkan waktu yang lama dan hanya memerlukan sedikit volume urine dalam pemeriksaannya. Peneliti dalam kesempatan ini akan melakukan penelitian mengenai Analisis Kadar Timbal (Pb) Pada Urine Pekerja Bengkel di Wilayah Denpasar Tahun 2023. Pemeriksaan kadar timbal akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa pereaksi kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan timbal (Pb) pada urine petugas bengkel. Pada hasil analisis secara kualitatif dengan menggunakan pereaksi warna menunjukkan hasil bahwa seluruh sampel urine menunjukkan hasil tidak terbentuknya endapan, dan berdasarkan pengujian kuantitatif dengan menggunakan alat spektroskopi serapan atom

References

Ayuni, N. P. S. A. & Yuningrat, N. W. (2014). Kimia Analitik: Analisis Kualitatif dan Pemisahan Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, Puspita P., Yusuf S. dan Dian Arum P. Faktor yang Berhubungan dengan Kadar Plumbum dalam Darah Polisi Lalu Lintas di Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo, 2016; Vol.1 No.2.

Kustiningsih Y., Noni F., Nurlailah N., 2017. Kadar Logam Timbal (Pb) dalam Darah Penjual Klepon. (Online). Medical Laboratory Technology Journal Available. http://ejurnal-analiskesehatan.web.id. 3 (2), 2017, 47-52.

Palar, H. 2012. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. 74-93.

Ramadhani, P. 2018. Analisis Paparan dan Kadar Timbal (Pb) dalam Darah Pekerja Bengkel Kendaraan Bermotor Beroda Dua di Kota Medan Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Rosmiarti, dan Amalia, RA.H.T., 2014, Analisis Kadar Timbal (Pb) Dalam Darah Tukang Ojek di Pangkalan Ojek KM 5 Palembang, Laporan Penelitian, Fakultas Kesehatan, Universitas Kader Bangsa, Palembang.

Rustanti, I., dan Mahawati, E. 2011. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Kadar Timbal (Pb) Dalam Darah Pada Sopir Angkutan Umum Jurusan Karang Ayu – Penggaron di Kota Semarang. Jurnal VISIKES. Vol.10, No.1: 60- 61.

Samsuar dan M. Kanedi. 2017. Analisis Kadar Timbal (Pb) Pada Rambut Pekerja Bengkel Tambal Ban Dan Ikan Mas Di Sepanjang Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung Secara Spektrofotometri Serapan Atom. Jurnal Kesehatan. Vol. 8. No. 1.

Wuladari, D., Abdullah, S., Yulianto, 2016. Hubungan Lama Merokok, Lama Bertugas dan Arus Lalu Lintas Kendaraan Dengan Kadar Timbal (Pb) Dalam Rambut Polisi Lalu Lintas Di Kabupaten Magelang Tahun 2016. Jurusan Kesehatan Lingkungan: Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Hal: 279-288.

Downloads

Published

2024-01-26

Issue

Section

Articles