PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CONTENT-BASED INSTRUCTION (CBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

Authors

  • Lalu Mahsar Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i12.67

Keywords:

Instruksi Berbasis Konten, Berbasis Bahasa, Keterampilan Berbicara

Abstract

Studi ini meneliti peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa melalui keterampilan berbicara bahasa Inggris berbasis konten based learning. Lebih khusus lagi, penelitian ini: (1) menemukan apakah dan sejauh mana instruksi berbasis konten meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa; dan (2) mendeskripsikan situasi belajar mengajar ketika pembelajaran berbasis konten diterapkan saat pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menerapkan teknik penelitian tindakan kelas untuk melaksanakan penelitian yang terdiri dari dua siklus, dengan empat pertemuan di setiap siklus; sedangkan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram; Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas PJW ( Perjalanan Jasa Wisata ) tahun ajaran 2019-2020. Data penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes yaitu pre-test dan post-test. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara kepada para mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif; menemukan rata-rata skor dalam tes dan peningkatan skor yang signifikan menggunakan uji-test variabel non-independen. Data kualitatif dianalisis menggunakan Metode Perbandingan-Konstan yang disarankan oleh Glaser dan Strauss yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) membandingkan insiden yang berlaku untuk setiap kategori; (2) mengintegrasikan kategori dan propertinya; (3) membatasi teori; dan (4) teori penulisan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengajaran menggunakan CBI ( Content Based Instruction )  efektif dalam dua aspek: (1) dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa: tingkat berbicara siswa meningkat; siswa dapat menjawab pertanyaan guru; siswa dapat berkomunikasi dengan lancar dengan teman-temannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar dan kosakata yang tepat dengan pengucapan yang baik; penggunaan bahasa ibu berkurang; (2) memperbaiki situasi kelas: suasana di seluruh kelas menjadi hidup; siswa menikmati kegiatan berbicara; ada banyak kesempatan bagi siswa untuk melatih keterampilan berbicara mereka; siswa memiliki motivasi yang besar untuk belajar berbicara; berbicara menjadi mudah dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini lebih lanjut menunjukkan bahwa CBI ( Content Based Instruction ) efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswa dan situasi kelas

References

Annabelle, Hernández Herrero (2005). Content-based instruction in an English oral communication course at the university of costa rica http://revista.inie.ucr.ac.cr/articulos/2-2005/archivos/oral.pdf on August 2, 2010

Baker, Joanna and Wstrup, Heather (2003). Essential speaking skills: a handbook for English language teachers. Published by Continuum.

Bygate, Martin (1987). Speaking. Oxford: Oxford University Press

Burkart, Grace Stovall (1998). Modules for Professional preparation of teaching assistant in Second Languages, Spoken Language: What it is and how to teach it. Washington, DC: Center for Applied Linguistics. Accessible at: http://www.nclrc.org/essentials/speaking/spindex.htm

Cotter, Hue ( ). ESL Speaking for Advanced Students. Accessible at: http://hubpages.com/hub/esl-speaking-advanced

Hopkins, David (1985), A Teacher’s Guide to Classroom Research, Buckingham.

Huebner, Theodore (1960). Audio Visual Technique in Teaching Second Language, New York: Cambridge University Press

Keith Johnson, Helen Johnson (1998), Encyclopedia dictionary of applied linguistics: a handbook for language teaching. Blackwell Publishing Ctd.

Madsen, Harold S (1984), Techniques in testing. Oxford: Oxford University Press

Nunan, David (1989). Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Huifang, Shang (2006). Content-based Instruction in the EFL Literature Curriculum. The Internet TESL Journal, Vol. XII, No. 11, November 2006. Accessible at: http://iteslj.org/Techniques/Shang-CBI.html

Kayi, Hayriye (2006). Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language. Source: The Internet TESL Journal, Vol. XII, No. 11. Accessible at: http://iteslj.org/Techniques/Kayi-TeachingSpeaking.html

Vyas, Manish A and Pate, Yogesh L. (2009) Teaching English as a second language: A new pedagogy for a new century. Asoke K. Ghosh, PHI Learning Private Limilted, New Delhi

William Grabe, Fredricka L. Stoller ( ). Content-based instruction: research Foundations. Accessible at: http://www.univie.ac.at/Anglistik/Dalton/SE08%20clil/Stoller&Grabe970001.pdf on July 21, 2010.

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Articles