DIGITAL MARKETING DAN RESELLER MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN KE DESA WISATA ALAMENDAH

Authors

  • Wisnu Bawa Tarunajaya Politeknik Pariwisata NHI Bandung
  • Sukmadi Sukmadi Politeknik Pariwisata NHI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.663

Keywords:

Digital Marketing, Reseller Manajemen, Preferensi Wisatawan, Platform Wisata Online, Dan Situs Web Responsif.

Abstract

Jurnal ini membahas tentang digital marketing dan reseller manajemen serta dampaknya terhadap Desa Wisata Alamendah. Dalam penelitian ini, terungkap bahwa preferensi wisatawan lokal, regional, atau internasional yang berkunjung ke desa wisata tersebut adalah mencari pengalaman petualangan dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Keindahan dan keunikan alam tersebut menjadi pembentuk citra dan identitas merek yang kuat bagi Desa Wisata Alamendah. Pemasaran dan promosi yang efektif melalui platform online, seperti situs web, media sosial, dan platform wisata online, juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik destinasi. Dalam konteks ini, pengelola desa wisata perlu melibatkan pelatihan digital marketing dan reseller manajemen untuk memaksimalkan potensi pemasaran dan distribusi produk-produk unggulan. Pentingnya pengelolaan reseller yang tepat juga melalui  menjalin kemitraan yang baik, komunikasi yang efektif, dan memberikan pelatihan serta dukungan kepada reseller, Desa Wisata Alamendah dapat meningkatkan distribusi produk-produk unggulan dan mencapai target pasar yang lebih luas. Selain itu, situs web Desa Wisata Alamendah yang dirancang responsif menjadi sarana yang penting dalam menghadirkan informasi yang relevan dan menarik bagi pengunjung. Dengan situs web yang responsif, pengunjung dapat dengan mudah mengakses informasi tentang desa wisata tersebut dan memperoleh pengalaman yang baik dalam menjelajahi konten yang disediakan. Dalam rangka meningkatkan distribusi produk-produk unggulan, mencapai target pasar yang lebih luas, dan mempertahankan daya tarik serta identitas merek yang kuat, pengelola Desa Wisata Alamendah perlu mengelola pemasaran digital dengan baik, membangun kemitraan yang strategis, dan memastikan pengelolaan reseller yang efektif. Dengan demikian, Desa Wisata Alamendah dapat berhasil dalam mempromosikan destinasi wisata dan produk-produk unggulannya kepada wisatawan potensial

References

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.

Huang, R., & Sarigöllü, E. (2014). How Brand Awareness Relates to Market Outcome, Brand Equity, and the Marketing Mix. Journal of Business Research, 67(2), 201-207.

Heinonen, K., Strandvik, T., & Voima, P. (2013). Customer Dominant Valu Formation in Service. European Business Review, 25(2), 104-123.

Keegan, W. J., & Green, M. C. (2017). Global Marketing. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C., & Baloglu, S. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson.

Ryan, D., & Jones, C. (2019). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Kogan Page.

Suh, A., & Lee, H. (2017). Reseller Management in the Era of Digital Marketing: A Case Study of Online Travel Agencies. Journal of Travel & Tourism Marketing, 34(8), 1070-1085.

Sharma, A., & Lambert, D. M. (2017). Reseller Performance and Supply Chain Collaboration: Moderating Role of Channel Power and Trust. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 47(4), 319-342.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Media Marketing. Sage Publications.

Zeinali, Z., Hemsley-Brown, J., & Mortimore, R. (2020). Destination Branding and Digital Marketing: The Role of Social Media Influencers. Journal of Destination Marketing & Management, 18, 100486.

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles