ANALISIS BIAYA, VOLUME PENJUALAN, DAN LABA PADA KRIPIK TALAS DI UD. WARNA SARI TAHUN 2023

Authors

  • I Wayan Nuada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram, Mataram
  • I Gusti Agung Didit Eka Permadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram, Mataram
  • Rusdin Rusdin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram, Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.659

Keywords:

Kripik Talas, Laba, Applied Research, Case Study, Marketplace

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha kripik talas pada UD. Warna Sari di Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat apakah menguntungkan secara finansial jika ditinjau dari kriteria analisis biaya, volume penjualan, dan laba. Penelitian ini adalah penelitian terapan (applied research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kasus atau sering disebut studi kasus (case study). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan handphone (recorder). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh adalah usaha kripik talas dalam sekali proses produksi dalam sebulan jika ditinjau dari hasil analisis yang dilakukan memang menguntungkan dan layak untuk diusahakan serta dikembangkan karena memperoleh R/C = 1,96 > 1 dalam sekali proses produksi dan R/C = 1,81 > 1 dalam sebulan. Perolehan B/C = 0,96 > 0 untuk sekali proses produksi atau B/C = 0,86 > 0 untuk satu bulan, dengan titik impas (BEP dalam volume) = 6 bungkus dalam sekali proses produksi atau 52 bungkus dalam sebulan dan perolehan BEP dalam Rupiah untuk nilai penjualan = Rp 20.026,55 dalam satu kali proses produksi atau Rp 368.314,35 dalam sebulan. Saran yang bisa diberikan kepada Pimpinan UD. Warna Sari bisa menggunakan platform marketplace online dalam memasarkan produk kripik talas ini seperti menggunakan facebook, instagram, whatsapp, bukalapak, tokopedia, dan shopee

References

AAK. 2011. Budidaya Tanaman Talas. Kanisius : Surabaya.

Riyanto, Bambang. 1997. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. BPFE UGM : Yogyakarta.

Henry. 2000. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Edisi Keenam. Salemba Empat : Jakarta.

Harnanto. 2007. Analisis Laporan Keuangan. UPP AMP TKPN : Yogyakarta.

Umar, Husein. 2005. Studi Kelayakan Bisnis. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Sofyan, Iban. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Jumingan. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara : Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Kencana Predana Media Group : Jakarta.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi Ketiga. LP3ES : Jakarta.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Edisi Tiga. Salemba Empat : Jakarta.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat, dan Rekayasa. Edisi 3. Salemba Empat : Jakarta.

Masyhuri. 1994. Pengembangan Agribisnis dalam Era Globalisasi. Fakultas Pertanian UGM : Yogyakarta.

Nitisemito. 2009. Manajemen Personalia. Edisi Revisi. Ghalia Indonesia : Bogor.

Wignyo, Rahadi. 2013. Media Industri. Redaksi Kementerian Perindustrian : Jakarta.

Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Andi Offset : Yogyakarta.

Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press : Jakarta.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Cetakan Ketujuh. Ghalia Indonesia : Bogor.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Edisi Pertama. Kencana Predana Media Group : Jakarta.

Wahyuni. 2012. Analisis Kelayakan Industri Rumah Tangga Keripik

Ubi Jalar dan Keripik Pisang di Kecamatan Tawamangu Kabupaten

Karanganyar. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah

Yogyakarta : Yogyakarta.

Nasruddin. 2017. Analisis Pendapatan Usaha Keripik Talas Home Industry di Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar : Makassar.

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles