REPRESENTASI BIAS GENDER DALAM FILM CHARLIE’S ANGELS

Authors

  • Tiara Satriavi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mayasari Mayasari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhamad Ramdhani Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i12.64

Keywords:

Reprentasi, Film, Bias Gender, Semiotika Roland Barthes

Abstract

Penilitian ini berjudul “Representasi Bias Gender dalam Film Charlie’s Angels”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi bias gender dalam film Charlie’s Angles. Teori yang digunakan untuk menganalisi penelitian ini adalah komunikasi massa, film, representasi, bias gender, semiotika, dan semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah film Charlie’s Angels, yang berdurasi 119 menit, yang terbagi ke dalam 3 scene dan terdiri dari 5 gambar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film ini merepresentasikan bias gender pada perempuan, tokoh utama yang semuanya adalah perempuan pada film ini sering mendapatkan perlakuan tidak adil. Seperti perempuan tidak diberikan pilihan dalam memilih pekerjaan, perempuan diintimidasi di lingkungan kerja, serta perempuan dianggap tidak bisa lebih unggul dari laki-laki.

References

Andisya, D. N., Mayasari, & Yanti, T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA SEKSI DALAM IKLAN SHOPEE VERSI BLACKPINK Dara Novita Andisya Tanjung (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsika). 1(1), 62–73.

Budi, R. (2017). Pengantar Pengantar Ilmu Komunikasi. In Jurnal Pendidikan (Vol. 2, Issue 2)

Burns, M. (2002). Review: Girl Heroes: The New Force in Popular Culture. In Media International Australia (Vol. 105, Issue 1). Annandale NSW: Pluto Press Australia

Fakih, M. (1997). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Farnisari, M. dan A. S. (2016). Bias Gender dalam Film Seri Korea “ Sungkyunkwan Scandal ” Megaria Farnisari Arief Sudrajat. Paradigma, 01(Nomor 2), 8--15

Herien Puspitawati. (2012). Gender dan keluarga: konsep dan realita di Indonesia. Bogor : IPB Press

John Fiske. (2004). Curtural and Communication, studies sebuah pengantar paling Konfrehensif . terjemahan Yosal Iriantara.

Kamla Bashin dan Nighat Said Khan dalam Siti Muslikhati. (2004). Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam timbangan Islam

Karenina, A., & Karenina, A. (2014). Stereotip Gender dalam Film Anna Karenina. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 123-130–130

Marianto, D. (2010). Pengantar Semiotika: Tanda-tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana

Murniati, A. N. P. (2004). Getar Gender; Perempuan Indonesia dalam Perspektif Agama, Budaya dan Keluarga ( Buku Kedua )

Natadirja, B. M., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2020). Representasi Peristiwa Pidato Joko Widodo Pada Media kompas.com “Politikus Sontoloyo”: Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 225–241.

Pratiwi, H. A., & Wiyanti, E. (2017). Representasi Kesetaraan Gender pada Iklan (Tinjauan Semiotika Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain, 4(03), 212

Rahmawati, A. S. (2010). Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi. Journal Ilmu Komunikasi, 8(2), 221–232

Santrock, J. W. (2008). Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi 11. Jakarta: Erlangga

Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugihastuti & Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Waskita, D. (2011). Pengantar Memahami Semiotika Media. In Jurnal Sosioteknologi (Vol. 10, Issue 22).

Widyatama, R. (2006). Bias Gender. Yogyakarta: Media Pressindo

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Articles