REPRESENTASI BIAS GENDER DALAM FILM CHARLIE’S ANGELS
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v16i12.64Keywords:
Reprentasi, Film, Bias Gender, Semiotika Roland BarthesAbstract
Penilitian ini berjudul “Representasi Bias Gender dalam Film Charlie’s Angels”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi bias gender dalam film Charlie’s Angles. Teori yang digunakan untuk menganalisi penelitian ini adalah komunikasi massa, film, representasi, bias gender, semiotika, dan semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah film Charlie’s Angels, yang berdurasi 119 menit, yang terbagi ke dalam 3 scene dan terdiri dari 5 gambar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film ini merepresentasikan bias gender pada perempuan, tokoh utama yang semuanya adalah perempuan pada film ini sering mendapatkan perlakuan tidak adil. Seperti perempuan tidak diberikan pilihan dalam memilih pekerjaan, perempuan diintimidasi di lingkungan kerja, serta perempuan dianggap tidak bisa lebih unggul dari laki-laki.
References
Andisya, D. N., Mayasari, & Yanti, T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA SEKSI DALAM IKLAN SHOPEE VERSI BLACKPINK Dara Novita Andisya Tanjung (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsika). 1(1), 62–73.
Budi, R. (2017). Pengantar Pengantar Ilmu Komunikasi. In Jurnal Pendidikan (Vol. 2, Issue 2)
Burns, M. (2002). Review: Girl Heroes: The New Force in Popular Culture. In Media International Australia (Vol. 105, Issue 1). Annandale NSW: Pluto Press Australia
Fakih, M. (1997). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Farnisari, M. dan A. S. (2016). Bias Gender dalam Film Seri Korea “ Sungkyunkwan Scandal ” Megaria Farnisari Arief Sudrajat. Paradigma, 01(Nomor 2), 8--15
Herien Puspitawati. (2012). Gender dan keluarga: konsep dan realita di Indonesia. Bogor : IPB Press
John Fiske. (2004). Curtural and Communication, studies sebuah pengantar paling Konfrehensif . terjemahan Yosal Iriantara.
Kamla Bashin dan Nighat Said Khan dalam Siti Muslikhati. (2004). Feminisme dan Pemberdayaan Perempuan dalam timbangan Islam
Karenina, A., & Karenina, A. (2014). Stereotip Gender dalam Film Anna Karenina. INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 123-130–130
Marianto, D. (2010). Pengantar Semiotika: Tanda-tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana
Murniati, A. N. P. (2004). Getar Gender; Perempuan Indonesia dalam Perspektif Agama, Budaya dan Keluarga ( Buku Kedua )
Natadirja, B. M., Mayasari, M., & Hariyanto, F. (2020). Representasi Peristiwa Pidato Joko Widodo Pada Media kompas.com “Politikus Sontoloyo”: Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 225–241.
Pratiwi, H. A., & Wiyanti, E. (2017). Representasi Kesetaraan Gender pada Iklan (Tinjauan Semiotika Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain, 4(03), 212
Rahmawati, A. S. (2010). Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi. Journal Ilmu Komunikasi, 8(2), 221–232
Santrock, J. W. (2008). Perkembangan Anak Jilid 1, Edisi 11. Jakarta: Erlangga
Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugihastuti & Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Waskita, D. (2011). Pengantar Memahami Semiotika Media. In Jurnal Sosioteknologi (Vol. 10, Issue 22).
Widyatama, R. (2006). Bias Gender. Yogyakarta: Media Pressindo
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tiara Satriavi Masyhudi, Mayasari Mayasari, Muhamad Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.