PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PENERAPAN PROGRAM SAPTA PESONA PADA DAYA TARIK WISATA GRAND MAERAKACA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i10.635Keywords:
Persepsi Wisatawan, Sapta Pesona, Daya Tarik WisataAbstract
Sapta Pesona mulai sering digunakan dan dipromosikan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi di setiap lokasi pariwisata masyarakat, baik yang bersifat buatan, alam, budaya, maupun kepentingan tertentu. Selain itu, penggunaan Sapta Pesona akan memikat wisatawan yang sedang berada di kawasan tersebut. Salah satunya adalah daya tarik wisata Grand Maerakaca yang berada di Kota Semarang. Penerapan Sapta Pesona dan sadar wisata sangat penting untuk pengembangan daya tarik wisata karena dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perlunya menjadi tuan rumah yang baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana persepsi wisatawan terhadap penerapan program sapta pesona pada Daya Tarik Wisata Grand Maerakaca Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Sedangkan spesifikasi penelitiannya menggunakan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, responden, kuesioner dan studi pustaka. Dan penyajian data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan hasil olah data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa persespi wisatawan terhadap penerapan program sapta pesona pada daya tarik wisata Grand Maerakaca Semarang, sudah berjalan dengan baik terhadap pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada 7 (tujuh) unsur sapta pesona yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.
References
Prayogo, Rangga Restu. (2018). Perkembangan Pariwisata Dalam Perspektif Pemasaran. PT Lontar Digital Asia: Bitread Publishing.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
Rulloh, Nasir.2017. “Pengaruh Kunjungan Wisata Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Objek Wisata Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam” (Bandar Lampung).
Arjana, I Gusti Bagus. (2016). Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Press.
Zaenuri, Muchamad. 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: e-Gov Publishing dalam Aprilia dkk (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 51 No. 2 Oktober 2017
Dephut. 2003 dama Wiratini et al. 2018. Dalam Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Keselamatan dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Jurnal PenelitianManajemen, 1(Nomor 2), 144–156
Ismayanti. 2010. Dalam Apriyanti, (2020). Pengaruh Pengembangan Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Lapian, Stephany Dkk. 2015. Pengaruh Adversiting dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Wisatawan Mengunjungi Obyek Wisata Pantai Firdaus Di Kabupaten Minahasa Utara, Jurnal Ekonomi dan Bisnus, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Program Manajemen, Universitas Sam Ratulangi Manado.
Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), h.50.
Sumanto, Psikologi Umum, (Yogyakarta: CAPS, 2014), h. 52.
Abdul Rahman Saleh, Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana, 2004), h. 110.
Tunjungsari, K. R. (2018). Karakteristik dan Persepsi Wisatawan Mancanegara di Kawasan Sanur dan Canggu, Bali. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(2), 108. https://doi.org/10.22146/jpt.43178
Tourismeconomic. (2012). Wisata , Pariwisata, Wisatawan, Kepariwisataan & Unsur-unsur Pariwisata. Retrieved from tourismeconomic.wordpress.com website: https://tourismeconomic.wordpress.com/2012/10/29/wisata-pariwisata-wisatawan-kepariwisataan-unsur-unsur-pariwisata/
Anggela, M. M., Karini, N. M. O , & Wijaya, N. M. S. 2017. Persepsi dan Motivasi Wisatawan yang Berkunjung ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, 5(2): 76–91 https://doi.org/10.24843/ipta.2017.v05 .i02.p01
Suwena, I Ketut & Widyatama, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.
Muljadi. A.J. 2009 Kepariwisataan dan Perjalanan. Penerbit: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Pedomаn Kelompok Sаdаr Wisаtа Direktorаt Jenderаl Pengembаngаn Destinаsi Pаriwisаtа Kementeriаn Pаriwisаtа dаn Ekonomi Kreаtif. 2012. Jаkаrt: Persаdа
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara
Kasiram, Mohammad. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 artin bayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.