DIFUSI INOVASI PELAYANAN SISTEM DIGITAL KENAIKAN PANGKAT (KP) PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i3.630Keywords:
Difusi Inovasi; Pelayanan Kenaikan Pangkat; Sistem Informasi Pangkat dan Pensiun (si-PASU); BKD-PSDM Kabupaten Lombok BaratAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses difusi dari inovasi pelayanan kenaikan pangkat (KP) melalui sistem informasi pangkat dan pensiun (si-PASU) pada BKD-PSDM Kabupaten Lombok Barat berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap informan-informan yang terlibat dalam proses difusi inovasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses difusi inovasi pelayanan kenaikan pangkat melalui sistem informasi pangkat dan pensiun (si-PASU) pada BKD-PSDM Kabupaten Lombok Barat dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi karakteristik inovasi, dukungan dan komitmen pimpinan, serta resistensi perubahan. Faktor eksternal meliputi perubahan regulasi atau kebijakan pemerintah, tuntutan penerima pelayanan dan pemangku kepentingan lainnya, serta keterbatasan sumber daya. Dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam proses difusi inovasi, BKD-PSDM Kabupaten Lombok Barat mengambil beberapa langkah strategis, antara lain: meningkatkan komunikasi dan informasi, melibatkan pegawai dalam perencanaan dan implementasi, mengadopsi pendekatan berkelanjutan, memberikan penghargaan dan pengakuan, pengelolaan anggaran yang efisien, optimalisasi SDM yang ada, peningkatan infrastruktur penunjang, serta pengawasan dan evaluasi yang ketat.
References
Rogers, Everett M. 1983, Diffusion of Innovations. e-Book,London: The Free Press.
Jones, G.R. 1998. Organizational Theory: Text and Cases (2nd edition). Reading, Addison Wesley Longman Publishing Company.
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju
Riduwan. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Erlangga.
Asmawi Rewansyah, 2010. Reformasi Birokrasi Dalam Rangka Good Governance, Jakarta, CV. Yusaintanas.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfa Beta.
Sujarweni, W. V. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Pers.
Purwanto, Agus Joko. Wilfirdaus, B Elu. 2019. BMP MAPU5104 Edisi 2 Inovasi dan Perubahan Organisasi, Jakarta: UT
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil
Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2002 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2000 Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil
Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil
Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 10 Tahun 2021 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lombok Barat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fathurrahim Fathurrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.