ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN RASIONAL

Authors

  • Winda Sari Br Panjaitan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Endang Sulastri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Ratna Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Khairunnisa Fitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Sutriono Sutriono Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dwi Novita sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i2.621

Keywords:

Minat Belajar, Matematika, Persamaan Garis lurus

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada pembelajaran Matematika materi bilangan rasional di kelas V-A SD Ar-Rayhan Scool JL. Garu II NO-11A Medan Amplas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian  ini dilakukan di kelas V-A SD Ar-Rayhan Scool JL. Garu II NO-11A Medan Amplas. Adapun yang menjadi partisipan dalam penelitian ini, yaitu Guru kelas V-A dan siswa kelas V-A yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Dari 22 siswa kelas V-A SD  Ar-Rayhan Scool JL. Garu II NO-11A Medan Amplas, terdapat 7 siswa dengan hasil belajar materi bilangan operasional yang berada di atas KKM, sedangkan 15 siswa lainnya masih berada di bawah KKM. Dari hasil wawancara guru diketahui proses pembelajaran sudah berjalan lancar. Namun pemahaman siswa terhadap materi bilangan operasional belum baik. Dari hasil wawancara siswa dapat disimpulkan bahwa sudut pandang siswa terhadap pembelajaran matematika materi bilangan operasional beragam. Begitu pula dengan tingkat pemahaman siswa pada materi bilangan operasional.

References

Ali, Masyhud. (2016). Manajemen Risiko: Strategi Perbankan dan Dunia Usaha. Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

https://www.quipper.com/id/blog/mapel/matematika/persamaan-garis-lurus-matematika-kelas-11/#:~:text=Penerapan%20konsep%20dari%20persamaan%20garis,dalam%20kurun%20waktu%20tertentu%2C%20serta

Siagian, M. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal pendidikan islam dan teknologi pendidikan, VII(2), 2.

Sustiyo Wandi, Tri Nurharsono & Agus Raharjo. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 2 (8).

Downloads

Published

2023-10-09

Issue

Section

Articles