ANALISIS KUALITAS DAYA TARIK WISATA DESA ALAMENDAH ANALISIS KUALITAS DAYA TARIK WISATA DESA WISATA ALAMENDAH

Authors

  • Wisnu Bawa Tarunajaya Politeknik Pariwisata NHI Bandung
  • Sukmadi Sukmadi Politeknik Pariwisata NHI Bandung
  • Haryadi Darmawan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
  • Andar Danova Goeltom Politeknik Pariwisata NHI Bandung
  • Violetta Simatupang Politeknik Pariwisata NHI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i2.616

Keywords:

Kualitas Daya Tarik Wisata, Pengalaman Wisata, Kualitas Layanan, Kualitas Produk Fisik, Keberlanjutan Daya Tarik Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas daya tarik wisata Alamendah dan implikasinya terhadap pengelolaan daya tarik wisata. Melalui metode survei dan wawancara dengan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Alamendah, penelitian ini mengumpulkan data tentang persepsi wisatawan terhadap pengalaman wisata, kualitas layanan, kualitas produk fisik wisata, dan keberlanjutan daya tarik tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengalaman wisata yang memuaskan merupakan faktor kunci dalam menentukan kualitas daya tarik wisata Alamendah. Wisatawan memberikan penilaian positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh pengelola, termasuk keakuratan informasi, keramahan staf, dan respon cepat terhadap kebutuhan wisatawan. Kualitas produk fisik wisata juga menjadi faktor penting dalam menciptakan pengalaman yang memuaskan, termasuk kebersihan, keamanan, dan ketersediaan fasilitas yang memadai. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola perlu memperhatikan keberlanjutan daya tarik Alamendah di masa yang akan datang. Wisatawan mengharapkan adanya upaya pelestarian alam, pengelolaan yang bertanggung jawab terhadap sumber daya alam, serta partisipasi masyarakat lokal dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan daya tarik wisata. Keberlanjutan menjadi faktor penting dalam menjaga daya tarik wisata Alamendah agar tetap menarik bagi wisatawan di masa mendatang. Hasil penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengelola daya tarik wisata dalam meningkatkan kualitas daya tarik wisata Alamendah. Diperlukan upaya untuk terus meningkatkan pengalaman wisatawan melalui penyediaan layanan yang mengesankan dan kualitas produk fisik wisata yang baik. Selain itu, perhatian terhadap keberlanjutan daya tarik tersebut akan menjadi aspek penting dalam menjaga keberlangsungan daya tarik wisata  dan memenuhi harapan wisatawan di masa yang akan datang.

References

Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (1999). The Experience Economy: Work is Theatre & Every Business a Stage. Harvard Business Press.

Crompton, J. L. (1979). An assessment of the image of Mexico as a vacation destination and the influence of geographical location upon that image. Journal of Travel Research, 17(4), 18-23.

Hall, C. M. (2000). Tourism and regional development: New pathways. Routledge.

Schmitt, B. H. (1999). Experiential marketing: How to get customers to sense, feel, think, act, and relate to your company and brands. Simon and Schuster.

Kim, S. S., Lee, C. K., & Klenosky, D. B. (2003). The influence of push and pull factors at Korean national parks. Tourism management, 24(2), 169-180.

Verleye, K., Gemmel, P., & Rangarajan, D. (2014). The impact of website quality on customer satisfaction and purchase intentions: Evidence from Indian online shoppers. Journal of Electronic Commerce Research, 15(2), 120-139.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2016). A conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.

Chen, C. F., & Chen, F. S. (2010). Experience quality, perceived value, satisfaction and behavioral intentions for heritage tourists. Tourism Management, 31(1), 29-35.

Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C., & Baloglu, S. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism (7th ed.). Pearson Education.

Crompton, J. L. (2009). The Physical Design and Management of Attractions. In Tourism Management (Vol. 2, pp. 1047-1054). Goodfellow Publishers Ltd.

Mihalic, T., & Bynum, P. (2010). Visitor Experience Management: Toward Sustainable Tourism for Physical, Social and Economical Environments. Journal of Sustainable Tourism, 18(2), 271-287. DOI: 10.1080/09669581003653547

Kim, S. S., Lee, C. K., & Klenosky, D. B. (2015). The Influence of Physical Environment on Emotional Responses, Satisfaction, and Behavioral Intentions in Theme Parks. Journal of Travel Research, 54(4), 512-526. DOI: 10.1177/0047287514522863

Bramwell, B., & Lane, B. (2012). Critical Research on the Governance of Tourism and Sustainability. Journal of Sustainable Tourism, 20(3), 297-317. DOI: 10.1080/09669582.2011.562445

Ryan, C. (2003). Recreational Tourism: Demand and Impacts. Channel View Publications. DOI: 10.21832/9781873150592

Weaver, D. B. (2014). Tourism and Sustainable Development: Individual, Community and Political Perspectives. Channel View Publications. DOI: 10.21832/9781845414185

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles