META ANALISIS HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Authors

  • Hilda Febrianti Fakultas Psikologi UBAYA, Surabaya 60293
  • Ananta Yudiarso Fakultas Psikologi UBAYA, Surabaya 60293, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i2.604

Keywords:

Self-esteem, Prestasi Akademik, Meta analisis

Abstract

Berhasil tidaknya individu dalam kegiatan belajar dapat dilihat dari prestasi belajarnya, prestasi belajar tersebut perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi belajar dapat dijadikan indikator untuk melihat keberhasilan mahasiswa dalam penguasaan materi. Prestasi belajar dapat dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperolehnya. Keberhasilan dalam prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini melihat hubungan self-esteem dan Prestasi akademik dengan melihat nilai effect size dari nilai signifikansi dan jumlah sampel. Heterogenitas dapat dilihat dari nilai effect size correlation, semakin besar hasil maka semakin menunjukkan keragaman hasilMeta-analisis ini melibatkan 14 studi mengenai hubungan hasil dari penelitian ini adalah Self-esteem dengan prestasi akademik yang melibatkan responden sebanyak 3.242 orang. Uji statistik menunjukkan bahwa effect size correlation medium (r = 0,45), dengan heterogenitas (I2 =96,5%). Implikasi dari penelitian adalah Self-esteem kurang berhubungan secara langsung (direct) dengan prestasi akademik.

References

-

Downloads

Published

2023-10-06

Issue

Section

Articles