Pelaksanaan Special Event Sebagai Medium Edukasi Art Market Place Digital (Non Fungible Token) Kepada Para Pekerja Seni (Event Indo NFT Festiverse 2022)

Authors

  • Sylvia Alexandra Roennfeld Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i2.603

Keywords:

NFT, Special event

Abstract

Token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT) adalah sejenis aset digital yang dikembangkan dari Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, meskipun mereka berbeda dari aset kripto dalam hal tujuan, struktur, dan aplikasinya. Karena tidak ada nilai nyata dalam NFT, mereka tidak dapat dibeli atau ditukar satu sama lain. Jika dibandingkan dengan karya seni tradisional, NFT terlihat dalam cahaya baru karena kualitasnya yang khas. Ketika datang ke publikasi online, di mana materi dapat diedarkan secara bebas dan diklaim dengan cepat, mengakibatkan kerugian bagi pencetusnya, NFT memberikan perlindungan yang diperlukan. NFT merupakan platform jual beli para seniman dimasa mendatang yang bersifat digital. Pertanyaannya adalah bagaimana memperkenalkan platform jual beli digital ini di Indonesia terutama kepada para pekerja seni. Perlu ada usaha yang berkesinambungan untuk memberikan pemahaman yang baik sehingga para seniman bisa mengoptimalkan penggunaannya. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menyelengarakan sebuah special event yaitu Festival Indo NFT. Penelitian ini berusaha untuk mengupas bagaimana sebuah special event yaitu Festival Indo NFT dapat menjadi sarana untuk memberikan edukasi kepada para seniman mengenai seluk beluk dan cara kerja NFT dengan berfokus pada 5 tahapan perencanaan special event menurut Goldblatt (2013) yaitu riset, desain, perencanaan, koordinasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian yang dihimpun berdasarkan fakta yang dikumpulkan baik melalui wawancara dan data di lapangan menunjukan bahwa Festival Indo Festiverse 2022 ini berhasil dan proses pelaksanaannya sesuai dengan tahapan yang di kemukakan oleh Joe Goldblatt mengenai management event. Studi ini penting baik dalam ranah akademis maupun praktis. Pada ranah akademis dapat memperkaya studi komunikasi yang tertarik untuk melihat bagaimana sebuah special event dapat menjadi sarana untuk memberikan edukasi. Sedangkan pada ranah praktis, dapat menjadi rekomendasi mengenai manfaat special event sebagai ajang dalam pemberikan edukasi terhadap spesifik target audience.

References

-

Downloads

Published

2023-10-06

Issue

Section

Articles