PENGARUH TAYANGAN KONTEN RACUN TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOMUNITAS PREFIX

Authors

  • Rut Sheril Margaretha Manurung Program Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Firdaus Yuni Dharta Program Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Flori Mardiani Lubis Program Ilmu Komunikasi, Fisip, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i10.6

Keywords:

Tiktok, Konten Racun Tiktok, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aplikasi media sosial yang pengunanya naik sebanyal 20% selama masa pademi pada tahun 2020 yaitu aplikasi Tiktok. Aplikasi Tiktok ini memiliki berbagai fitur dan juga konten yang ada didalamnya, salah satu konten yang banyak disukai oleh pengguna Tiktok terutama oleh Perempuan yaitu konten racun Tiktok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan konten racun Tiktok terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey eksplanatori. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Teknik pengumpulan data yang digunakkan adalah angket/ kuesioner dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Intensitas dan Isi pesan dari tayangan konten racun Tiktok tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan daya tarik dari tayangan konten racun Tiktok berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Putri Vindiyanasari. 2017 “TEMA DAN PESAN DALAM VIDEO BLOG “WIRDA MANSYUR” ( Analisis Isi pada Video Blog Wirda Mansur Periode 3 Oktober 2015 – 7 Agustus 2017)”. Skripsi. UMM

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2018). Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Annisa Fitrah Nurrizka. 2016 “Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial”. Jurnal Analisa Sosiologi .

Antony, Mayfield. 2008. What is social media?. London : iCrossing.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/25/12320007/video-tiktok-malah-populer-di-instagram-mengapa-

https://www.jakartanotebook.com/blog/8-inspirasi-konten-tiktok-menarik-agar-terkenal-di-tiktok/

Kotler dan Keller, Marketing Management. 14th Edition. (New Jersey: Prentice, 2012)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-05-09

Issue

Section

Articles