ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI KAPAL PESUT ETAM UNTUK PROMOSI WISATA KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i12.557Keywords:
@Pesutetam_Kapalwisata, Instagram, Kapal Wisata Pesut Etam, Manajemen KomunikasiAbstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen komunikasi yang dilakukan oleh kapal pesut etam @pesutetam_kapalwisata dalam melakukan promosi wisata. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini, yakni manajemen komunikasi oleh Pringle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk fokus penelitian digunakan fungsi manajemen berupa POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling). Sebagai tolok ukur dalam menganalisis penggunaan media sosial Instagram. Sumber penelitian ini, yakni key informant. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan dilakukan perencaan dalam mengatur tujuan awal didirikannya kapal pesut etam dan tujuan yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan. Kemudian, dalam tahap pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas oleh kru kapal dan kualifikasi perekrutan pemandu objek wisata kapal wisata pesut etam. Dari tahap pengaktualan pemilik kapal melakukan reward dan punishment sebagai cara memotivasi kru kapal dan adanya rapat rutin setiap bulan sebagai proses komunikasi. Terakhir, dalam tahap pengawasan dilakukan dengan cara pengawasan dan evaluasi yang dipimpin langsung oleh pemilik kapal
References
Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Forsdale, L. (1981). Perspectives on Communication. New York: Random House.
Koontz, Harold & Cyril O’Donnel & Heinz Weihrich. 2007. Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga
Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Morissan. 2011. Manajemen Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pringle K. Peter, Starr F. Michael. (2006). Electronic Media Management (Fifth Edition). Burlington, USA: Focal Press.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta
_______. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta
Terry, George R. 1996. Alih Bahasa Oleh Winardi, Asas-Asas Manajemen, Bandung: Alumni.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.
Akbar, Putra Rizki. (2018). Manajemen Komunikasi Organisasi One Day One Juz Medan Dalam Menjaga Eksistensi Anggota. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Diterbitkan. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/handle/123456789/10987/SKRIPSI.pd f;jsessionid=3564B45A508B9A47466052811B4573F6?sequence=1 (diakses pada 28 Mei 2023)
Aliefiea Shavira Husna. 2018. “Tugas Akhir Oleh : Aliefia Shavira Husna”. Skripsi tidak diterbitkan. Samarinda: Program Studi Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda.
Fatawi, Fauzan (2018) Analisis Kandungan Logam Berat Pb Pada Ginjal Ikan Mas (Cyprinus Carpio) Dalam Keramba Jaring Apung Di Sungai Mahakam Samarinda Kalimantan Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Iskandar. (2018). ANALISIS PEMANFAATAN JEJARING MEDIA SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan Mesjid Raya Baiturrahman).
Nurjannah. 2018. Manajemen Produksi Pada Program Halo Makassar di Radio Venus 97.6 FM. Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Herdiansya. (2019). Pengembangan Wisata Sejarah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. (JURNAL)
Iii, B. A. B. S. I. (2017). Bab iii metoda penelitian 3.1. Bab III Metoda Penelitian, 1–9. (JURNAL)
Junaid, I. (2018). Analisis Data Kualitatif Dalam Penelitian Pariwisata. Junaidi, Ilham, 10(01), 59–74. (JURNAL)
Kusniadji, S. (2018). Kontribusi Penggunaan Personal Selling Dalam Kegiatan Komunikasi Pemasaran Pada Era Pemasaran Masa Kini. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.1078. (diakses 23 Desember 2019)
Lukitaningsih Ambar. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN Ambar Lukitaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. https://www.neliti.com/publications/23468/iklan-yang-efektif-sebagai- strategi-komunikasi-pemasaran#cite (diakses 07 Agustus 2020)
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 212.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Sciences, H. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.
Widayati, W., & Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20.
Desmawangga, Christoper. (2017) Kapal Wisata Pesut Etam Diluncurkan. Inilah Rute, Fasilitas, dan Sajian di Dalamnya. https://kaltim.tribunnews.com/2017/07/22/kapal-wisata-pesut-etam- diluncurkan-inilah-rute-fasilitas-dan-sajian-eksotik-di-dalamnya (diakses pada 28 Mei 2023)
Kanwil DJPb Prov. Kaltim. Sejarah dan Letak Geografis. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/kaltim/id/profil/sejarah.html (diakses pada 29 Mei 2023)
Mutofik, Imam. (2022). Pesut Mahakam, Lumba-Lumba Asli Indonesia. https://forestation.fkt.ugm.ac.id/2022/09/11/pesut-mahakam-lumba-lumba- asli-indonesia/.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iis Handayani, Hairunnisa Hairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.