ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN BRAND EQUITY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN M-BANKING
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i6.532Keywords:
Trust, Ease of Use, Brand Equity, M-bankingAbstract
Timor Leste people who live in the city of Denpasar in their daily activities use m-banking to transfer money to their country. The use of overseas transfer services is something that the people of Timor Leste pay attention to to ensure that the money sent can be sent on time to their country of origin. using m-banking so that the people of Timor Leste need a bank in Indonesia that is capable of dealing with the risks that occur in transferring money. This study aims to determine the effect of the level of trust, convenience, brand equity on intention to use. The sample in this study were 100 people. Data analysis techniques using validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination test, F test and t test. From the results of the study, it was obtained that the level of trust had a significant positive effect on intention to use, ease of use had a significant positive effect on intention to use and brand equity had a significant positive effect on intention to use. The magnitude of the influence of the independent variables on interest in use is 60.2%. The advice that can be given by researchers is that BNI Bank should periodically update the m-banking application so that later it is able to give trust to customers, ease of use and can provide high security in transactions
References
Adiwijaya, I. G. B. P. (2018).
‘Kemudahan Penggunaan, Tingkat
Keberhasilan Transaksi, Kemampuan
Sistem Teknologi, Kepercayaan dan
Minat Bertransaksi Menggunakan
Mobile Banking’. Jurnal Manajemen
Bisnis, 15(3), 135-153.
Ali, H. (2021). ‘Pengaruh Tingkat
Kepercayaan, Kemudahan Dan Brand Equity Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Pada Bank Syariah Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Empiris Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung)’. (Doctoral dissertation, Universitas islam negeri raden intan lampung).
Ardianto, K., Azizah, N., Risiko, P., &
Kegunaan, P. (2021). ‘Analisis Minat
Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya’. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13
Arifin, I. N. (2020). ‘Media Alam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia Dini’. In Prosiding: Seminar Nasional Online Paud (pp.
-112).
Desita, W. (2021). ‘Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E- Wallet)’. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Fakhrurozi, A., & Zulfikar, D. S.
(2018). ‘Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Minat Menggunakan Mobile Banking Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta’. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Filda, R. U. (2020). ‘Pengaruh brand equity dan aksesibilitas terhadap keputusan nasabah menggunakan mobile banking bank Jatim syariah KC
madiun’. (Doctoral dissertation, Diponogoro).
Idris, I., Hanum, Z., & Wahyudi, D.
(2018). ‘Analisis Ekuitas Merek Ponsel
Samsung Sebagai Usulan Untuk
Membidik Segmentasi Baru Di Kota
Medan’. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis
Administrasi, 4(2), 75-78.
Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2019). ‘Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E- Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang’. Jurnal Sains Ekonomi dan Perbankan Syariah: Journal Science of Economic and Shariah Banking, 8(2), 49-57.
Kurnianingsih, H., & Maharani, T. (2020). ‘Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan,
Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah’.
Lubis, M. S. (2018). ‘Metodologi penelitian’. Deepublish.
Mahyarni, M. (2013). ‘Theory of reasoned action dan theory of planned behavior (Sebuah kajian historis tentang perilaku)’. Jurnal El-Riyasah,
(1), 13-23.
Maula, N. F. (2021). ‘Pengaruh Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Kcp Ponorogo’.) (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).
Mawey, T. C., Tumbel, A., & Ogi, I.
W. (2018). ‘Pengaruh kepercayaan dan
kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Sulutgo’. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
(3).
Melasari, C., Suroso, A., & Banani, A. (2018). ‘Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Kemudahan, Privacy Risk, Time Risk, dan Financial Risk terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Bank Muamalat’. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, 25(1),
-23.
Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., &
Evriyenni, E. (2021). ‘Pengaruh
Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh)’. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56-72.
Nabila, N. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality, Dan Brand Loyality Terhadap Brand Equity
Semen Gesik Di Kecamatan Kebomas (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Rizky, I. N., & Yasa, I. N. P. (2018).
‘Pengaruh Persepsi Kemudahan
Penggunaan, Kepercayaan, Dan
Bertransaksi Pada Umkm Di Kecamatan Buleleng’. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(3).
Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020).
‘Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang’. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2),
-80.
Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). ‘Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN’. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92-102.
Santoso, A. (2018). ‘Pengkajian
Peraturan Bank Indonesia no
/15/PBI/2007 Tahun 2007 sebagai Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) Bank
Umum di Indonesia’. Prosiding
SNATIKA Vol 01 (2011), 1(01).
Simarmata, R. R. O. (2022). ‘Pengaruh
Persepsi Kemudahan Penggunaan Shopeepay Sebagai Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan’.
Sudarwanto, Y., Lukitaningsih, A., & Maharani, B. D. (2021). ‘Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Situs Lazada’. Jurnal
Bina Bangsa Ekonomika, 14(2), 337-
Suryani, T. (2023). ‘Pengaruh Kualitas
Layanan Elektronik, Kualitas
Makanan, Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Pembelian Ulang Pada Pizza Hut Delivery Di Surabaya’. Jurnal Manajerial, 10(01), 158-178.
Tony Sitinjak, M. M. (2019).
‘Pengaruh persepsi kebermanfaatan
dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay’. Jurnal
Manajemen, 8(2).
Qomariah, N., & Wibowo, Y. G.
(2019). ‘Pengaruh Brand Image,
Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan
Terhadap Kepuasan Pelanggan
Herbalife’. Jurnal manajemen dan bisnis indonesia, 5(2), 300-312.
Website, (2020). ‘Badan Pusat Statistik
Provinsi Bali (2023)’. Diakses pada tanggal 20 Maret 2023.
Website, (2021). ‘Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021’. Diakses tanggal 26 Oktober 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Purnama Dewi Putu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.