PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN KOLEKTIF KOMUNITAS PRODUK KOPI DI KABUPATEN SAMOSIR DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN METODE QSPM
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v17i12.531Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOT, QSPMAbstract
Penelitian ini dilakukan di Samosir Coffee Synergy, untuk menyusun strategi pemasaran kolektif dengan mengetahui faktor internal dan eksternal dari Samosir Coffee Synergy guna membantu meningkatkan daya saing. Melalui analisis SWOT maka didapatkan beberapa alternatif strategi yaitu mempertahankan rasa produk kopi yang dihasilkan, mengembangkan pasar domestik dan internasional, mengembangkan keberadaan komunitas melalui kerjasama dengan pemerintah, melakukan lebih banyak kegiatan promosi dengan menggunakan jaringan internet, merekrut tenaga pemasar yang handal, melaksanaan peremajaan tanaman kopi, membina komunitas melalui perekrutan, pengembangan dan pemotivasian ,dan melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan. Melalui Matriks QSPM diperoleh prioritas strategi dengan nilai TAS tertinggi adalah mengembangkan pasar domestik dan Internasional
References
Assauri, Sofjan. 2013. "Manajemen Pemasaran." Jakarta: Rajawali Pers.
—. 2009. Manajemen Pemasaran Dasar,Konsep dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
—. 2008. "Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan." 179. Jakarta: Raja Grafindo.
Basu Swastha, (Yogyakarta: Liberty,1983), 237. 2005. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.
Clara Amelinda Sugianto, Charly Hongdiyanto. 2017. "Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM Pada Bisnis Sambal Noesantara." Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Vol. 2 No. 1.
David, Fred R. 2011. "Strategic Management." In Pemasaran, 198 - 203. Jakarta: Salemba Empat.
Doyle, P. 2019. "Apa itu Strategi?" In Strategi Pemasaran , by Ph.D. Fandy Tjiptono, 3. Yogyakarta: Penerbit Andi .
Eli RP. Purba, C. Kusumadmo, E (2015). ”Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) di Nimco Indonesia. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Fahmi, Irham. 2015. "Manajemen Strategis." 252. Bandung: CV Alfabeta.
Fandy Tjiptono, Ph.D. 2019. Strategi Pemasaran (Prinsip dan Penerapan). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Gitosudarmo, Indriyo. 2014. "Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cet 3." 163. Yogyakarta.
Samosirkab.go.id ”Potensi Unggulan Kabupaten Samosir Industri”.
Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. "Principle of Marketing, 15th edition." New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kurniawan, Kanada. 2020. "Jenis Strategi Pemasaran Paling Efektif 2020." Projasa Web. Mei 25. Accessed Juni 17, 2020. https://projasaweb.com/jenis-strategi-pemasaran/.
Philip Kotler, Keller Kevin Lane. 2013. "Marketing Management, 14th Edition." Pearson Education Limited.
Rivai, Vethzal. n.d. "Islamic Marketing." In Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Produk Marketing Rosulluloh saw, 6-7. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Samosircoffeesynergy Instagram, https://www.instagram.com/samosircoffeesynergy/?hl=en.
Sutarni, Aziz Fathoni, Andi Tri Haryono. 2018. "Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Dalam Implementasi Strategi Pemasaran Pada Zaza Laundry Semarang." Jurnal Ekonomi 3.
Rudelius, William, and W. Bruce Ericson. 2012. An introduction to contemporary business. San Diego : Harcourt Brace Jovanovich.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bilson Pandiangan, Binsar Sihombing, Mukdin M. Turnip, Vinsensius Matondang, Hendra, Dany Perdana Sitompul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.