PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN KOLEKTIF KOMUNITAS PRODUK KOPI DI KABUPATEN SAMOSIR DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN METODE QSPM

Authors

  • Bilson Pandiangan Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia
  • Binsar Sihombing Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia
  • Mukdin M. Turnip Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia
  • Vinsensius Matondang Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia
  • Hendra Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia
  • Dany Perdana Sitompul Program Studi Manajemen Pemasaran, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v17i12.531

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Samosir Coffee Synergy, untuk menyusun strategi pemasaran kolektif dengan mengetahui faktor internal dan eksternal dari Samosir Coffee Synergy guna membantu meningkatkan daya saing. Melalui analisis SWOT maka didapatkan beberapa alternatif strategi yaitu mempertahankan rasa produk kopi yang dihasilkan, mengembangkan pasar domestik dan internasional, mengembangkan  keberadaan komunitas melalui kerjasama dengan pemerintah, melakukan lebih banyak kegiatan promosi dengan menggunakan jaringan internet, merekrut tenaga pemasar yang handal, melaksanaan peremajaan tanaman kopi, membina komunitas melalui perekrutan, pengembangan dan pemotivasian ,dan melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan. Melalui Matriks QSPM diperoleh prioritas strategi dengan nilai TAS tertinggi adalah mengembangkan pasar domestik dan Internasional

References

Assauri, Sofjan. 2013. "Manajemen Pemasaran." Jakarta: Rajawali Pers.

—. 2009. Manajemen Pemasaran Dasar,Konsep dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

—. 2008. "Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan kedelapan." 179. Jakarta: Raja Grafindo.

Basu Swastha, (Yogyakarta: Liberty,1983), 237. 2005. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Clara Amelinda Sugianto, Charly Hongdiyanto. 2017. "Perumusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode QSPM Pada Bisnis Sambal Noesantara." Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Vol. 2 No. 1.

David, Fred R. 2011. "Strategic Management." In Pemasaran, 198 - 203. Jakarta: Salemba Empat.

Doyle, P. 2019. "Apa itu Strategi?" In Strategi Pemasaran , by Ph.D. Fandy Tjiptono, 3. Yogyakarta: Penerbit Andi .

Eli RP. Purba, C. Kusumadmo, E (2015). ”Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) di Nimco Indonesia. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Fahmi, Irham. 2015. "Manajemen Strategis." 252. Bandung: CV Alfabeta.

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2019. Strategi Pemasaran (Prinsip dan Penerapan). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014. "Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cet 3." 163. Yogyakarta.

Samosirkab.go.id ”Potensi Unggulan Kabupaten Samosir Industri”.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. "Principle of Marketing, 15th edition." New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kurniawan, Kanada. 2020. "Jenis Strategi Pemasaran Paling Efektif 2020." Projasa Web. Mei 25. Accessed Juni 17, 2020. https://projasaweb.com/jenis-strategi-pemasaran/.

Philip Kotler, Keller Kevin Lane. 2013. "Marketing Management, 14th Edition." Pearson Education Limited.

Rivai, Vethzal. n.d. "Islamic Marketing." In Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Produk Marketing Rosulluloh saw, 6-7. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Samosircoffeesynergy Instagram, https://www.instagram.com/samosircoffeesynergy/?hl=en.

Sutarni, Aziz Fathoni, Andi Tri Haryono. 2018. "Penerapan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Dalam Implementasi Strategi Pemasaran Pada Zaza Laundry Semarang." Jurnal Ekonomi 3.

Rudelius, William, and W. Bruce Ericson. 2012. An introduction to contemporary business. San Diego : Harcourt Brace Jovanovich.

Downloads

Published

2023-08-06

Issue

Section

Articles