IMPAK DIGITAL MARKETING, ELEKTRONIC WORD OF MOUTH(E-WOM) DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PENGARUH PRODUK KOMPETITOR SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PT. DIGITAL CERBERUS INDONESIA)

Authors

  • Andy Firmansyah Program Studi Manajemen S2 Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Ipwija
  • Besar Agung Martono Program Studi Manajemen S2 Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Ipwija

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.518

Keywords:

Digital marketing, elektronik word of Mouth, Personal Selling, Produk kompetitor variabel moderating, Keputusan memilih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada atau tidak adanya impak beberapa variabel bebas yaitu Digital Marketing, Elektronik word of Mouth (e-WOM), Personal Seling dan Pengaruh Produk Kompetitor sebagai Variabel Moderating terhadap Keputusan Pembelian. Keputusan pembelian dalam penelitian ini adalah keputusan memilih sebuah aplikasi copy trading yang dikeluarkan PT Digital Cerberus Indonesia sebuah platform cryptocurrency lokal yang sedang tumbuh (starup). Penelitian dilakukan di sebuah perusahaan trading mata uang digital yaitu PT Digital Cerberus Indonesia yang berkantor di Bekasi yang memiliki 2.135 orang user dan diambil sampel penelitian 100 orang secara acak. PT Digital Cerberus Indonesia adalah  perusahaan yang didirikan oleh penulis pada tahun 2021 dan dikelola sampai sekarang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa quesioner yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas sehingga instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan metode SPSS 26 meliputi uji Korelasi dan uji Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Digital Marketing memberikan impak positif terhadap keputusan memilih aplikasi copi trading Cerberus. Variabel Elektronik Word of Mouth memberi impak positif terhadap keputusan memilih aplakasi Cerberus. Variabel Poersonal Selling memberi impak positif terhadap keputusan memilih aplikasi cerberus. Artinya ketiga variabel bebas secara sendiri sendiri berpengaruh terhadap keputusan memilih aplikasi kopi treading cerberus. Dari analisis regresi berganda disimpulkan bahwa ketiga variabael bebas tersebut diatas secara bersama sama (simultan) memberi impak positif terhadap keputusan memilih aplikasi Cerberus.  Adapun Variabel moderating tidak memberikan impak positif terhadap keputusan memilih aplikasi Cerberus

References

AlfiYuda, 2021, https://www.bola.com/ragam/ read/4525595/pengertian-digital-marketing-tujuan-jenis-manfaat-langkah-memulai-dan-strategiyangperlukuasaihttps://www.jmc.co.id/blog/kelebihan-serta-kekurangan-dari-pemasaran- tradisional-dan-pemasaran-online/

Joseph, T. (2011).Apps Spirit of Digital Marketing 3.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Markerter, S. (2017).Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, dan Kelemahannya. SEO Market Digital Marketing: https://seomarket.id/pengertian-digital- marketing-kelebihan-dankelemahannya/

Pangestika, W. (2018).Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui.diperoleh pada 3 Mei 2019 dari jurnal Jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal- digital-marketing-konsepdan-penerapannya/

Pradiani, T. (2017).Impak Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Indietri Rumahan liheka vol 11 46.53

Aaker, David A. dalam Aris Ananda. (2011). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Abdi, Moch dan Hariyadi. (2017). “Impak Bauran Promosi terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat”. SumateraBarat: Universitas Muhammadiyah SumateraBarat.

Alma, Buchari. (2016)Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Bandung Alfabeta.

Amannudin, Anshor Auzan. (2017). “Impak Atribut Produk Dan Iklan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Doopbag”. Bandung: Universitas Widyatama.

Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS“. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusdiandika, Raditya dan Kukuh Sinduwiatmo. (2012). “Impak Promosi Sekolah terhadap Keputusan Siswa dalam Pemilihan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo”. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Hamdani, Aulia dan RambatLupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Selemba Empat.

Hasan, Adnan dan Syamsul Bakhtiar Ass. (2020). “Impak Citra Sekolah dan Kualitas Tenaga Pengajar terhadap Keputusan Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah Musik Yamaha Indonesia di Kota Makassar”. Universitas Muslim Maros.

Hermawan, Agus. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Hidaya, Ahmad Dwi Sakti dan Dewi Shinta Wulandari Lubis. (2019). “Impak Promosi dan Harga terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan”. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma.

Irum. (2016). “Impak Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Rumah Pada Perumahan D’Cassablanca di Samarinda”. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Iskandar, Jhoni. (2019) “Impak Brand Image dan Biaya Pendidikan terhadap Keputusan Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta”. Jakarta: UNIVERSITAS IPWIJA.

Isriana, Nur Hijjah, Rina Selva Johan dan RM Riadi. (2015).”Impak Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Memilih Sekolah di SD Islam As-Shofa”. Riau: Universitas Riau.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016): Marketing Management, Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lail, Nurul Kharomatul. (2018). “Impak Marketing Mix (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Madrasah Aliyah Raden Intan”. Lampung: Universitas Lampung.

Narti. (2019). “Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP”. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.

Orlando, Dillon. (2015). “Analisa Impak Brand Image dan Brand Awareness Terhadap PurchaseIntention Sepeda MotorKawasaki Ninja 250Fi”. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Rakhmanita, Ani. (2015). “Impak Harga, Promosi, Lokasi Dan Sarana Terhadap Proses Keputusan Memilih Sekolah Pada Sekolah Alam Tangerang”. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika.

Rusmini, Dedi Hariyanto dan Fita Kurniasari. (2018). “Impak Citra Merek terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Jasa Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kubu Raya”. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Saladin, Djaslim dan Achmad Buchori. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Bandung.

Seftiani, Risda. (2014). “Impak Brand Image, KualitasProduk Terhadap Brand PreferenceDan Implikasinya Terhadap MinatLoyalitas (Studi Pada Konsumen The BodyShop Di Kota Semarang”. Semarang: Universitas Diponegoro.

Shinta, Agustina. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Tim UB Press.

Sinambow, Sandy dan Irvan Trang. (2015). “Impak Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado”. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sugiyono. (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sulistiana, Yusi dan Tri Sudarwanto. (2018). “Impak Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Memilih Primagama (Studi pada lembaga bimbingan belajar Primagama Raya Ijen Kota Mojokerto)”. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Supriyadi. (2017). “Impak Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse Di Fisip Universitas Merdeka Malang)”.Malang: Universitas Merdeka Malang.

Tjiptono, Fandy.(2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015). Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi. Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4, Yogyakarta: Andi Offset.

Yosepha, Sri Yanthy dan Bilal Saratoga. (2018). “Impak Brand Image dan Kualitas Flight Instructor terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Penerbangan Deraya Flying School”. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.

Nurjaya, (2022) “Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga diJakarta”http://journal-tiehidayatullah.ac.id/index.php/tadbir/article/view/107/94https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.107

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles