ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL BERBASIS MODEL.PEMBELAJARAN. PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i5.514Keywords:
Gaya belajar visual, Peserta didik, Model pembelajaranAbstract
Gaya belajar visual berbasis Model pembelajaran Picture and Picture ialah penerapan gambar sebagai sarana pembelajaran serta visual sebagai objek belajar, Media pembelajaran yang digunakan adalah potongan gambar . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar visual siswa kelas 4 di SD N 3 Pangkalpinang. Siswa kelas 4A dan guru kelas ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual merasa lebih senang dan termotivasi ketika guru memberikan materi pembelajaran yang menarik dan penuh warna saat proses pembelajaran membuat siswa terlihat lebih aktif
References
Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–
https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.26
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Hafizha, A. & A. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berintelektual dan berkualitas . Setiap orang , berhak adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan untuk memiliki. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33.
Heny Nirmayani Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, L. (2020).
EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. 1(2), 207–215. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Jampel, I. N. (2016). Analisis Motivasi Dan Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(3), 109. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9015
Jannah, F. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM, 1(2), 19–24.
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Kurniati, A., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(1), 87–103.
Lestariwati, D., Mushafanah, Q., & Kiswoyo. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V Di Sd. 2(4), 464–475.
Made, N., Handayani, D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. 1, 176–182.
Muryaningsih, S., & Mustadi, A. (2015). Jurnal Prima Edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 3, 190–
htttp://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index
Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1301
Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697–3703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Putri Ningrat, S., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486
Utami, Y. S. (2020). Research & Learning in Primary Education Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Research. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(2), 1–6.
Widayanti, F. D. (2013). The Importance of Knowing Student Learning Styles in Classroom Learning Activities. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ina Afriana, Ima Mulyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.