PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Roti BreadTalk di Palembang Indah Mall)

Authors

  • Herdian Anantya Risma Program Studi Magister Manajemen, Universitas Sriwijaya Palembang
  • Marlina Widiyanti Lecturer of Magister Management, Economic Faculty, Sriwijaya University, Palembang
  • Muchsin Saggaff Shihab Lecturer of Magister Management, Economic Faculty, Sriwijaya University, Palembang
  • Aslamia Rosa Lecturer of Magister Management, Economic Faculty, Sriwijaya University, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i4.491

Keywords:

Brand Image, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand imahe dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko roti BreadTalk di Palembang Indah Mall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian roti pada Toko Roti BreadTalk cabang Palembang Indah Mall pada tahun 2022. Responden yang akan diambil sebanyak 100 responden. Jumlah tersebut dianggap sudah cukup mewakili populasi yang akan diteliti karena sudah memenuhi batas maksimum sampel penelitian dengan menggunakan penyebaran kuesioner. Hasil dari analisis linier berganda menunjukkan bahwa brand image dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada Toko Roti BreadTalk cabang Palembang Indah Mall). Citra merek diharapkan BreadTalk Indonesia untuk lebih sering ikut terlibat di event-event sosial. Selain itu juga, diharapkan BreadTalk dapat memberikan kontribusi yang lebih kepada lingkungan sekitar dengan cara ikut terlibat dalam pembagian makanan rutin kepada masyarakat yang membutuhkan.  Kualitas layanan diharapkan untuk dilakukannya evaluasi mengenai petugas yang ada. Dengan beberapa masukan yang diberikan oleh konsumen, hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk ditindaklanjuti. Petugas bagian pelayanan perlu dilakukan nya training dalam memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen

References

Andryusalfikri, Zakaria, W., & Marlina, W. (2019). Effect of Trust, Quality of Product and Quality Services on Purchase Decisions on E-Commerce Shopee in Palembang City. International Journal of Management and Humanities (IJMH), Vol. 3(ISSN: 2394-0913).

Anwar, M., & Andrean, D. (2020). The Effect of Perceived Quality, Brand Image and Price on Purchase Decision. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation Accounting and Management, Vol. 201.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Gunaedi, J. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora di Jakarta. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, Vol. 4 (2).

Foster, B. (2018). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 2(ISSN: 2378-7031).

Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Bandung. E-Proceeding of Management, Vol. 8 (4)(ISSN: 2355-9357).

Hanifati, F., & Waluyo, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Brand Image dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Gracia Skin Clinic Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politc, 1–15.

Kebkole, V. I. (2021). Pengaruh Brand Image, Kemenarikan Produk dan Foreign Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Breadtalk (Studi kasus pada Breadtalk Lippo Plaza Bogor 2). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Lee, S., & Lawson, B. A. (2011). Perceived Dynamic: Pricing. Journal Of Industrial Management & Data System.

Mahanani, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.com. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, Vol. 2 (2).

Manyu, A., Saroh, S., & Zunaidah, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian KFC (Studi Kasus Pada Konsumen KFC Kota Malang di Masa PPKM). JIAGABI, Vol. 11(ISSN: 2302-7150), 253–262.

Novansa, H., & Ali, H. (2018). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, (ISSN: 2415-6256).

Perdana, K. E., & Nanang, W. (2018). Purchase Decision of Chemical Compound Fertilizers by White Pepper Farmers. RJOAS Journal, Vol. 4(76). https://doi.org/DOI https://doi.org/10.18551/rjoas.2018-04.30

Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, Vol. 7 (2)(ISSN (Online): 2337-3792), 1–11.

Rafi, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kafe Mom Milk Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–7.

Ramadani, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 1 (2)(ISSN: 2622-6367).

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9 (7)(ISSN: 2302-8912), 2596–2620.

Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper). Diponegoro Journal of Management, Vol. 7 (4)(ISSN: 2337-3792), 1–11.

Utomo, P. B., & Waluyo, H. D. (2018). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Kasus (Penumpang KA Kaligung PT KAI DAOP IV Semarang). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–5.

Wu, L., Qu, Y., Zhao, S., & Zhou, S. (2022). The Impact of Brand Image on Laptop Purchasing Intention. The Moderating Role of Consumer Ethnocentrism. International Journal of Business, Economics and Management, Vol. 9(1)(ISSN: 2312-0916), 1–19.

Zeithaml, V., Bitner, & Gremler. (2013). Service Marketing - Integrating Customer Focus Across The Firm (Sixth Edit). New York: McGarw Hill.

Downloads

Published

2023-12-07

Issue

Section

Articles