KEKUATAN KARAKTER PADA GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Salwa Najiah Departemen Psikologi, Universitas Padjadjaran
  • Retno Hanggarani Ninin Departemen Psikologi, Universitas Padjadjaran
  • Fitriani Yustikasari Lubis Departemen Psikologi, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i3.477

Keywords:

kekuatan karakter, guru, ABK

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap orang termasuk siswa dengan kebutuhan khusus atau disebut juga Anak berkebutuhan Khusus (ABK). Guru mempunyai tugas untuk membimbing dan memberi fasilitas belajar bagi siswanya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam proses pembelajaran peserta didik berkatagori ABK memerlukan layanan yang berbeda dibanding anak non ABK. Mendidik ABK tidaklah mudah, kekuatan karakter yang dimiliki guru menjadi faktor penting yang dapat menunjang guru dalam menangani ABK. Kekuatan karakter mencerminkan nilai-nilai kebajikan yang mengacu pada kualitas positif yang terdiri dari karakter yang baik dan dimunculkan individu untuk menghadapi suatu kondisi tertentu, seperti saat mengalami kesulitan. Tujuan penelitian adalah untuk melihat gambaran kekuatan karakter yang dimiliki oleh guru ABK dalam mendidik ABK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah dua orang yang bersedia menjadi partisipan penelitian dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan secara daring dan data yang diperoleh dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa tipolohi yang dimiliki oleh guru ABK adalah creativity, judgment dan teamwork. Meski begitu, setiap guru juga memiliki beberapa kekuatan yang berbeda

References

Braun, Virgnia & Clarke, Victoria. (2006). Using thematic analysis in psychology. qualitative research ini psychology

Park, N., & Peterson, C. (2006). Moral competence and character strengths among adolescents: The development and validation of the Values in Action Inventory of Strengths for Youth. Journal of Adolescence, 29(6), 891-909. doi:10.1016/j.adolescence.2006.04.011

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. Washington, DC: American Psychological Association.

Ruch, W., Weber, M., Park, N., & Peterson, C. (2014). Character strengths in children and adolescents: Reliability and initial validity of the German Values in Action Inventory of Strengths for Youth (German VIAYouth). European Journal of Psychological Assessment, 30(1), 57-64. doi:10.1027/1015-5759/a000169

Slamet. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Cet. IV. Jakarta: Rieneka Cipta.

www.kemenpppa.go.id

Downloads

Published

2023-11-03

Issue

Section

Articles