PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAIN STORMING TERHADAP KET-ERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.33758/mbi.v18i3.473Keywords:
Brain Storming, Bahasa Indonesia, Keterampilan BerbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Brainstorming terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V SDN Jatimurni V kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian semu, dengan desain penelitian nonequivalent groups dengan pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jatimurni V kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat semester II tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan secara acak diambil dua kelas yang terdiri atas kelompok eksperimen yang berjumlah 28 peserta didikdan kelompok kontrol yang berjumlah 26 peserta didik. Pretest dan Posttest digunakan dalam rangka mengukur keterampilan berbicara peserta didik. Validitas dan reliabilitas instrument dihitung dengan program ms. Excell. Analisis data menggunakan uji independent t untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran yang meliputi metode brainstorming terhadap keterampilan berbicara peserta didik SDN Jatimurni V kota Bekasi pada pembelajaran peta pikiran. Terbukti dari hasil uji-t dengan signifikansi 0.05 pada kelompok eksperimen, dengan artian metode brainstorming mampu meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indoenesia terutama pada pembelajaran peta konsep di SDN Jatimurni V
References
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. An1mage.
Larosa, A. S., & Iskandar, R. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3723–3737.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Atatistik dengan Spss For Windows. Zifatama Jawara.
Muna, E. N., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2019). Upaya Peningkatan Keterampi-lan Berbicara Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD. 1557–1561.
Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Ber-bicara pada Pembelajaran Bahasa Indo-nesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625.
Saraswati, A. S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di Sekolah Da-sar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53786
Setiyawan, Y. (2017). efektivitas penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar peserta didik ke-las V MI Muhammadiyah Pannampu Makassar. 1–14.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Pod-cast dan Motivasi Belajar terhadap Ket-erampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayudia Adisti, Prima Gusti Yanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.