FEASIBILITY STUDI HARGA DAN PROMOSI PENJUALAN MOTOR LISTRIK DI DENPASAR (STUDI PADA PT. SENTRIK PERSADA NUSANTARA DENPASAR)

Authors

  • Ni Putu Mita Anggreni Universitas Mahendradatta

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i2.381

Keywords:

Feasibility Studi Harga, Promosi Penjualan, Motor Listrik

Abstract

Transportasi memerlukan sumber energi, saat ini Energi fosil masih mendominasi pemenuhan kebutuhan energi untuk transportasi. Namun, transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil memiliki efek negatif bagi kehidupan yang berupa polisi udara. Salah satu cara untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil adalah dengan mengganti kendaraan berbahan bakar fosil dengan listrik. Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif mulai berinovasi dari kendaraan yang awalnya berbahan bakar minyak menjadi berbahan bakar listrik. PT. Sentrik Persada Nusantara selaku distributor resmi motor listrik yang memiliki 1 dealer resmi serta 2 showroom di daerah bali yang bertujuan membantu masyarakat untuk kemudahan dalam membeli motor listrik. Selain itu, penggunaan motor listrik dapat mengurangi angka polisi udara yang diakibatkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif, data yang diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada PT. Sentrik Persada Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh studi harga dan promosi terhadap penjualan motor listrik pada PT. Sentrik Persada Nusantara. Adapun analisis kelayakan menggunakan analisis aspek non-keuangan dengan menganalisis aspek pasar dan pemasaran, aspek ekonomi, aspek lingkungan dan analisis SWOT yang terdiri dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang) dan yang terakhir threats (ancaman), serta menganalisis dari studi harga dan promosi penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek dan analis yang dilakukan pada perusahaan PT. Sentrik Persada Nusantara sudah memenuhi kriteria usaha dan layak untuk dijalankan. Penelitian ini bermanfaat sebagai informasi usaha PT. Sentrik Persada Nusantara untuk meningkatkan kualitas perusahaan secara berkelanjutan.

 

References

Andriani, W., & Sari, P. R. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga,

Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Aswar, N. F. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 3(1), 18-32.

Astari, A. A. E., Sudiartini, N. W. A., & Sari, N. L. P. R. (2021). Studi Kelayakan Inovasi Produk Pada Arimasta Silver di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI), 6(2), 153-170.

Asti, M., Supriyadi, I., & Yusgiantoro, P. (2020). Analisa Penggunaan Sepeda Motor Listrik Bagi Transportasi Online Terhadap Ketahanan Energi (Studi pada Gojek). Ketahanan Energi, 6(1).

Astuti, S. (2015). Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Di FKIP UHAMKA Jakarta. Jurnal Utilitas, 1(1), 78-91.

Beutari, D. R., & Laelisneni, L. (2018). Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Perencanaan Laba Pada Home Industri Tempe Setia Budi Medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 52-60.

Candra, T. A. M., Pawenang, S., & Djumali, D. (2020). Analisis Harga, Promosi, Salesman, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 125 (Pt. Naga Mas Motor Pos Cemani). Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01).

Dhanny, O., & Kadafi, M. (2019). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Merek Honda di Samarinda tahun 2019. Jurnal Eksis, 15(1).

Dimitri, Bahalwan. (2021). Desain Sepeda Motor Listrik Untuk Mobilitas Masyarakat di Perkotaan (Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur).

FAUZI, A. (2020). Analisa Konsumsi Daya Motor Listrik pada Sepeda Motor Hybrid dengan Variasi Laju Kecepatan Berbasis Microcontroller (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Febriyanti, G. A. (2020). Dampak andemic Covid-19 terhadap harga saham dan aktivitas volume perdagangan (Studi kasus saham LQ-45 di Bursa Efek Indonesia). Indonesia Accounting Journal, 2(2), 204-214.

Freddy Rangkuti (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia Pustaka

Utama,1977. 200 hal: 23 cm.

Ganyang, M. T. (2019). Pengaruh promosi penjualan dan brand knowledge terhadap minat beli sepeda motor Yamaha. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 71-80.

Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363-382.

Khamaludin, Sutresna, Juhara, Sodikin (2019). Studi Kelayakan Bisnis Bengkel Bubut Cipta Teknik Mandiri (Studi Kasus di Perumnas Tangerang Banten). Jurnal Keilmuwan Dan Aplikasi Teknik UNISTEK,2019. Vol 6, No.1, Hal 3-5.

Kurniawan, A. D., & Astuti, S. R. T. (2012). Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Kedai Amarta Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 282-289.

Manalu, J. B. (2017). Rancang Bangun Sepeda Motor Listrik.

Masudi, Nanang. 2014. “Desain Controller Motor Bldc Untuk Meningkatkan Performa (Daya Output) Sepeda Motor Listrik.”: 1–65.

Putri, R. S., & Safri, I. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Eningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada Pt. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Valuta, 1(2), 298-321.

Pramono, W. B., Pratama, H. P., & Warindi, W. (2016). Perancangan Motor Listrik Bldc 10 Kw Untuk Sepeda Motor Listrik. Prosiding Snatif, 113-120.Said, F. A., Adiluhung, H., & Pujiraharjo, Y. (2022). Perancangan Sepeda Motor Listrik Untuk Masyarakat Urban Diperkotaan. EProceedings of Art & Design, 9(1).

Sari, I. R., & Harti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. AKUNTABEL, 18(3), 444-451.

Yanuar, D. (2018). Analisis kelayakan bisnis ditinjau dari aspek pasar, aspek pemasaran dan aspek keuangan pada UMKM makanan khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekombis, 2(1).

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles