PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENGETAHUAN PRODUK DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA BANK SYARI’AH INDONESIA

Authors

  • Fitria Ika Agustina Fitri Universitas Teknologi Mataram
  • Rian Indranopa Rian Universitas Teknologi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33758/mbi.v18i2.352

Keywords:

Promosi, Pengetahuan Produk, Loyalitas Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari Promosi terhadap Pengetahuan Produk. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari Pengetahuan Produk dan Loyalitas Konsumen. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari Promosi terhadap Loyalitas Konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Pengetahuan Produk pada Bank Syari’ah Indonesia (BSI). Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan pada 130 orang responden. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pengetahuan Produk. (2) Pengetahuan Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. (3) Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Pengetahuan Produk pada Bank Syari’ah Indonesia. Direkomendasikan kepada para pemegang kebijakan hendaknya memperhatikan faktor Promosi dan Tingkat Pengetahuan Konsumen tentang produknya. Bank Syari’ah Indonesia (BSI) perlu untuk memulai memanfaatkan media cetak dan elektronik untuk memperkenalkan produk baru yang dimiliki seperti deposito syariah, tabungan syariah, gadai syariah (Rahn), Giro Syariah dan pembiayaan Ijarah dan Prinsip Bagi Hasil sehingga nasabah dapat mengetahui dan memahami produk tersebut.

References

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 1–10.

Ekonomi, J., Pembangunan, S., Perbankan, D., Universtias, S., Parepare, M., & Harapan, B. (2017). Analisis potensi produk musyarakah terhadap pembiayaan sektor riil umkm. 18(April), 41–51. https://doi.org/10.18196/jesp.18.1.3830

Handayani, S. M., & Sundari, M. T. (2016). Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pembuatan Keripik Belut Daun Singkong di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Jurnal DIANMAS, 5(1), 23–34.

Ikhsan, M. R. (2011). PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDRA CELLULAR KUDUS.

Ilmiah, J., & Islam, E. (2021). Pengembangan Program Studi Perbankan Syariah Berbasis Integrasi Peran Bank Syariah Bagi Sektor Riil UMKM. 7(02), 621–637.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18

Muhammad, A., Kurniawan, B., Mufidah, A. P., David, L., Bin, M., Dai, L., Pakarbudi, A., Informasi, J. S., Teknologi, I., & Tama, A. (n.d.). Analisa Jalur Kritis Pada Penjadwalan Proyek Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Teknik Critical Path Method ( CPM ) ( Studi Kasus : PT . XYZ ).

No, J. K. H. S., & Barat, J. (n.d.). Bauran pemasaran, manajemen hubungan pelanggan dalam menciptakan loyalitas konsumen. 11(1), 34–42.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Oblivia, V., & Indriyani, R. (2013). Analisa Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Inovasi Produk Terhadap Pertumbuhan Usaha Kerajinan Gerabah Di Lombok Barat. Jurnal Agora, 1 (1)(1), 337–347.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Triyanto, W. A. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Tas. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(3), 63–67.

Downloads

Published

2023-10-05

Issue

Section

Articles