PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA SUPERIOR ADVOKAT PADA KANTOR HUKUM
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i3.162Keywords:
Kompetensi, Kinerja Superior Dan AdvokatAbstract
Kantor Hukum atau sering juga disebut Kantor Advokat merupakan bisnis jasa pelayanan yang sangat bergantung kepada kepercayaan pelanggan/klien terhadap pelayanan jasa hukum tersebut. Value yang memberikan kepuasan pelanggan/klien bisa terwujud, merupakan harapan dari bisnis kantor hukum tersebut. Karena sifatnya pelayanan jasa, maka para pelaku pelayanan atau provider haruslah orang-orang yang bisa dipercaya oleh pelanggan/kliennya. Karenanya diperlukan orang-orang yang memiliki knowledge yang memadai, sebab knowledge merupakan hal yang terpenting dalam industri pelayanan dewasa ini yang berkaitan dengan peningkatan produktivitas dan peningkatan nilai-nilai kompetensi (Sheehy Barry, Bracey Hyler, Frazier Rick (1996).Metodelogi yang digunakan dalam penelitian adalah verifikatif dengan pendekatan eksplanatori. Pengambilan data dan analisis dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Agustus tahun 2022. Data diperoleh dari sejumlah kantor Advokat yang berjumlah 50 di sekitar Jabodetabek (Jakarta – Bogor – Depok - Tangerang – Bekasi) dengan pembahasan berdasarkan metode deskriptif dengan data kualitatif dan studi perpustakaan. Dari analisis hasil penelitian tersebut, di peroleh kesimpulan bahwa suatu kantor Advokat dalam meningkatkan kompetensinya untuk menciptakan kinerja superior serta memberikan nilai tambah terhadap pelanggan/klien harus ada penerapan manajemen kompetensi dengan tepat dan baik.
References
Bernstein, Douglas, A., Roy, Edward, J., Srull. Thomas, K. & Wickens, Christoper,D.Wickens. (1988). Psychology. Boston : Houghon Mifflin Company
Boyatzis, Richard E, 1992, The Competent Manager – A Model For Effective Performance, A Wiley-Interscience Publication, Jhon Wiley & Sons, US.
Deaux, D & Wrightsman, S. 1993. Social Psychology in the 90’s. (2nd
Ed).California: Wadsworth Publishing Company, Inc.
Danely, Gibson dan Ivancevich., 2002, Principle Of Management. Mc Graw Hill, New York.
Dessler, Gary., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid I. Edisi 10.
Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Frazier, Rick., Barry Sheehy, Hyler Bracey. 1996. Winning The Race for Value: Strategies to Create Competitive Advantage in The Emerging Age. New.
Goulding, Tracy (Ed.) , 1995, The Law Handbook, Redfern Legal Center Publishing, Sidney
Hamel dan Prahalad. Management. New Delhi: Tata McGraw Hill, 1999
Holley, Grant ,1996, Management and the Law, Pitman Publishing, Melbourne.
Gibson, Ivancevich, Donnely. 1993. Organisasi, perilaku, Struktur dan proses, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh Terjemahan Djarkasih, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Palan, R., 2007, Competency Management, Terjemahan, PPM, Jakarta.
Robbins, Stephen P., 2003, Teori Organisasi, Struktur, Desain, Aplikasi, Edisi 3, Terjemahan Jusuf Udaya, Penerbit Acan, Jakarta
Schuler, R.S dan Walker, J.W, 1990. Human Resource Strategy: Focusing on Issue and Action. Organizational Dynamic, Summer: 5-19.
Spencer, LilyM., Signe M. Spencer., 1999, Competence At Work – Model For Superior Performance, Jhon Wiley & Sons. Inc., New York, Chichester, Brisbane, Toronto, Singapore.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sugeng Prayetno, Hendra Permadi, Winna Sarikusumaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.