STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN STARBUCKS DI MASA COVID 19 (Studi Kasus tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Starbucks KM 72 Dalam Mempertahankan Pelanggan di Masa Covid 19)
DOI:
https://doi.org/10.33578/mbi.v17i3.148Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Pandemic, Pelanggan, Covid 19Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana komunikasi pemasaran Starbucks Km 72 dalam memasarkan product/produk, melakukan promosi, menentukan price/harga dan place/tempat di masa covid. Untuk mengetahui komunikasi pemasaran Starbucks Km 72 dalam memasarkan product/produk, melakukan promotion/promosi, dan menentukan place/tempat dan price/harga di masa covid. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus sesuai dengan yang disampaikan oleh Robert K Yin (Yin R. K., 2008). Pengumpulan data berupa dokumen, rekaman arsip, wawancara, dan observasi. Teori yang digunakan yaitu Konsep 4P Pada Pemasaran, (Keller & Kotler, 2012) Ada 4 komponen yang tercakup dalam kegiatan marketing Price, Produk, Place, Promo. Dalam memasarkan produknya, Starbucks Rest Area KM72 melakuka promosi melalu media sosial para pegawainya, hal kecil itu banyak memikat para konsumen terdekatnya. Proses penentuan harga produk yang ada di Starbucks KM72 sama seperti starbucks lainnya yaitu sudah di tentukan oleh Head office. store ini terbilang karena di lengkapi dengan drive thru dan area parkir yang luas serta jauh dari competitor.Di masa pandepic ini, peran kostumer sangat lah penting, maka dari itu agar mendapatkan kepercayaan kostumer agar tidak takut mengunjungi sebuah retail pastinya harus mengedepankan protokol kesehatan terlebih dahulu lalu memberikian penawaran serta service yang layak. di jelaskan juga oleh Fandy Tjiptono pada bukunya yang berjudul “Strategi Pemasaran” bahwa kepuasan pelanggan merupakan elemen pokok dalam pemikiran dan praktik pemasaran modern
References
ungin. (2003). Analisi Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fandy, T. (1995). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
K Yin, R. (2013). Studi Kasus Desaign & Metode Edisi 1 Cetakan 12 (1 ed., Vol. 12). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Marketing Management. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
kemenkes. (n.d.). DIREKTORAT PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR. Retrieved from Direktorat p2ptm: http://www.p2ptm.kemkes.go.id/profil-p2ptm/daftar-informasi-publik/covid-19
Kennedy, S. (2006). Marketing Communication (Vol. 5). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Kennedy, Soemanegara. (2006). Marketing Communication (Vol. 5). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, &. A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (2 ed.). Jakarta: PT. Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin L Keller. (2008). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Moleong, L. K. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. bandung: Remaja Rosdakarya.
Riadi, M. (2018, November 21). KajianPustaka.com. Retrieved Maret 25, 2019, from KajianPustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2018/11/pengertian-bauran-dan-strategi-komunikasi-pemasaran.html
Sugiyono. (2016). Motode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Yin, R. K. (2008). Studi Kasus (Desain Dan Metode), (Case Study Research Design and Methods). (M. Drs. M. Djauzi Mudzakir, Trans.) Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Yin, R. K. (2008). Studi Kasus (Desain Dan Metode), (Case Study Research Design and Methods). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Bimo Yuga Pratama, Ana Fitriana Poerana, Wahyu Utamidewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.