ANALISIS PERANAN ROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYAN DI DE BRAGA BY ARTOTEL

Authors

  • Rifky Surya Program Studi D3 Pehotelan , Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom
  • Sti Zakiah Program Studi D3 Pehotelan , Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom

Keywords:

Housekeeping, Guest Satisfaction, Hotel, Service Quality

Abstract

The housekeeping department plays an important role in maintaining the quality of hotel services, especially in terms of cleanliness, comfort, and tidiness of facilities. This study aims to analyze the role of room attendants in improving the quality of service at the De Braga Hotel by Artotel. The study was conducted using a quantitative method involving questionnaires to hotel guests and housekeeping staff to identify the problems faced.The results showed that housekeeping performance significantly influenced the level of guest satisfaction, with factors such as punctuality, cleaning quality, and staff friendliness being the main aspects appreciated by guests. Operational constraints such as shortages of manpower and limited work tools were identified as major obstacles to achieving effectiveness.This study concluded that improving training, resource management, and utilization of technology can support better housekeeping performance. Practical recommendations are provided to improve housekeeping operational standards, so that hotels can continue to maintain and improve guest satisfaction levels.

References

Armaisastrawati, Lubis, F., & Soehardi, F. (2021). Parameter Kegagalan Kontraktor Pelaksana Pada Proses Pengadaan Penyedia Jasa Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil Unaya, Vol.7, No. 2, Juli 2021 : 135-145

Arman, U. D., Sari. A., dan Arsyad, N. (2023). Analisis Variabel Kegagalan Penawaran Kontraktor Lokal dalam E-Tendering di Kota Padang. Jurnal UNP. Vol 10 No.1, 159-167

Bawono, Indro. (2011). Evaluasi Atas Penerapan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) di Lingkungan Kementerian Keuangan. (Tesis, UNIVERSITAS INDONESIA.)

Grandisa Cahya Abimantara, Agus Purwito. (2018). “Analisa Kegagalan Kontraktor dalam Proses Tender Sistem E-Procurement pada Proyek Pemkot Surabaya Tahun 2018”. Axial, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi Vol. 7, No.1, April 2019, Hal. 33-41

G.N. Pio, I.N. Sutarja dan I.W. Yansen (2015). “Analisis Faktor – Faktor Pemilihan Pemenang Lelang Jasa Konstruksi Pada Proyek Pemerintah Di Kabupaten Sikka”. Jurnal Magister Teknik Sipil, Universitas Udayana. 3 (2), 2015

Karyasa, I N. R. dkk. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gagal Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Elektronik (E-Procurement) di Kabupaten Badung”. Jurnal Spektran, Vol. 2 No. 1, Januari 2014

Maksum Tanubrata, Milsa Setiaputri (2010). PROSES EVALUASI PENAWARAN KONTRAKTOR DENGAN SISTEM NILAI (MERIT POINT SYSTEM). Jurnal Teknik Sipil Volume 6 Nomor 2, Oktober 2010 : 79-192

Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif (Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Universitas Indonesia Press.

Mustamal Alamsyah Lubis, Elvira Handayani, Kiki Rizky Amalia.(2020). Evaluasi Penawaran pada Proses Pengadaan Jasa Konstruksi Pekerjaan Pembangunan Gudang Kapasitas 1000 Ton di Pematang Kandis Bangko. Jurnal TALENTA Sipil. Volume 5 Nomor 1, Februari 2022, 1-8. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batanghari Jambi

Nasution, Siti Patimah. (2012). Evaluasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Elektronik (E-Procurement) Pada LPSE Kementerian Keuangan. (Tesis, UNIVERSITAS INDONESIA).

Ogy Wahyudi (2022). ANALISA PENGARUH FAKTOR–FAKTOR PENENTU PEMENANG LELANG JASA KONSTRUKSI TERHADAP. PILIHAN STRATEGI PENAWARAN.

Prihatini, L., Malik, A., & Komara, T. K. (2017). Evaluasi Kegagalan Penyedia Jasa Konstruksi Dalam Proses Pengadaan Jasa Konstruksi Dengan Sistem Elektronik. Jom FTEKNIK, Vol. 4, No.1

Rusmadi (2015). PROSES EVALUASI PENAWARAN PENGADAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI PELELANGAN UMUM SECARA PASCAKUALIFIKASI METODE SATU SAMPUL DAN EVALUASI SISTEM GUGUR. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura

Simalango, D. R. & Setiawan, H. (2019). Faktor Faktor Penyebab Kegagalan Kontraktor Dalam Evaluasi Penawaran di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 15, No. 3, Oktober 2019 : 133-142

Simanjuntak, M. A. R., &Gulo, N. (2020). Analisis Faktor Standarisasi Dokumen Untuk Pemilihan Jasa Konstruksi Dalam Pelaksanaan Konstruksi di Provinsi Banten. PROSIDING SNITT POLTEKBA, 4, 536-544

Utami .D. A. Sari. (2022). “Pelaksanaan E-Procurement di Provinsi Sumatra Barat”. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, Vol 9 No. 3, September 2022

Virina Revela Putri, Dewantoro, Veronika Happy Puspasari (2023). Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Penyedia Jasa pada Proses Evaluasi Penawaran Tender Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, Jurnal Basement Volume 1, No. 1, 2023

Yohanis Salupra (2020). EVALUASI PELAKSANAAN E-TENDERING PADA UNIT LAYANAN PENGADAAN DAERAH KEMENTERIAN KEUANGAN PROVINSI SULAWESI SELATAN. Jurnal Administrasi Negara, Volume 26 Nomor 1, April 2020

Yosef Marianus Tolan Kiwan (2019).ANALISIS FAKTOR PENENTU KEMENANGAN KONTRAKTOR SAAT TENDER PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN FLORES TIMUR DAN LEMBATA. JURNAL SONDIR, 2019, VOLUME 2 Progam Studi Teknik Sipil FTSP, ITN Malang

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles