EFEKTIVITAS MANAJEMEN DIRI TERHADAP RESILIENSI REMAJA

Authors

  • Florensa Florensa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, YARSI Pontianak
  • Nurul Hidayah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, YARSI Pontianak
  • Fajar Yousriatin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, YARSI Pontianak
  • Lintang Sari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, YARSI Pontianak
  • Wahyu Kirana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, YARSI Pontianak

Keywords:

Manajemen Diri, Resiliensi, Remaja

Abstract

Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap berbagai tekanan psikologis. Resiliensi menjadi kemampuan penting yang perlu dikembangkan untuk menghadapi tantangan perkembangan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui peningkatan manajemen diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen diri terhadap resiliensi remaja di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-test post-test with control group. Sampel terdiri dari 80 remaja SMP yang dibagi secara acak ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen (n=40) yang mendapatkan pelatihan manajemen diri, dan kelompok kontrol (n=40) yang tidak mendapatkan intervensi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala resiliensi yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor resiliensi remaja kelompok eksperimen setelah intervensi (p < 0,05), sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan signifikan. Perbandingan antara kelompok juga menunjukkan perbedaan yang bermakna secara statistik. Diskusi: Temuan ini menunjukkan bahwa manajemen diri berkontribusi positif dalam meningkatkan resiliensi remaja. Pelatihan manajemen diri dapat menjadi salah satu strategi efektif dalam penguatan mental dan sosial remaja di lingkungan pendidikan.

References

Khotimah, A. K., & Kumaidi. (2019). Resilience Of Tenth Grade Students Of Boarding School SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo. International Summit on Science Technology and Humanity, 115– 122. http://hdl.handle.net/11617/11770

Papházy, J. E. (2003). Resilience, the Fourth R: The Role of Schools in This Promotion. In Resilience for Today : Resilience for Today (hal. 105-`40).

Martin, R. A., Noviekayati, I. G. A. A., & Muhid, A. (2024). Meningkatkan Resiliensi Remaja Penyintas Bencana Alam Melalui Konseling Kelompok: Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(2), 307-318.

Ardiansyah, A. V., & Atmojo, A. P. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Resiliensi Remaja Santri Penghafal Al-Qur’an (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).

Purnomo, N. A. S. (2014). Resiliensi Pada Pasien Stroke Ringan Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 241–262.

Lee, M. N. (2011). Applying Risk and Resilience Framework in Examining Youth’s Sustainability in Coping with Life’s Challenges. International Journal of Trade, Economics and Finance, 2(5), 407–411.

Nisa, M. K., & Muis, T. (2016). Studi Tentang Daya Tangguh (Resiliensi) Anak di Panti Asuhan Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 6(3), 40–44.

Imran, N. A. (2022). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai.

Mallick, M. K., & Kaur, S. (2016). Academic resilience among senior secondary school students: Influence of learning environment. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 8(2), 20–27. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v8n2.0 3

Mesman E, Vreeker A, Hillegers M. Resilience and mental health in children and adolescents: An update of the recent literature and future directions. Curr Opin Psychiatry. 2021;34(6):586–92.

Hendriani W. Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media; 2018

Sabila S, Evanytha E, Paramita AD. Pengaruh Resiliensi Terhadap Depresi Pada Emerging Adulthood. Schema J Psychol Res. 2023;82–91.

Budiyati GA, Oktavianto E. Stres Dan Resiliensi Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Husada Mahakam J Kesehat. 2020;10(2):11–8.

Simrat, Sharma R, Kumar N, Thakur M. Resilience and Mental Health Among Adolescents: a Bird Eye View. Int J Early Child Spec Educ. 2022;14(5):643–56.

Sawin KJ. Definitions, frameworks, and theoretical issues in self-management1. J Pediatr Rehabil Med [Internet]. 2017;10(3–4):169–76. Available from: https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3233/PRM-170461

Hulukati W, Rahim M, Alwi NM, Madina R. Pelatihan Self Management Untuk Mencegah Perilaku Bunuh Diri Di Kalangan Remaja. MONSU’ANI TANO J Pengabdi Masy. 2023;6(2):475.

Lansing AH, Berg CA. Topical review: Adolescent self-regulation as a foundation for chronic illness self-management. J Pediatr Psychol. 2014;39(10):1091–6.

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles