ANALISA KEANDALAN STRUKTUR DINDING PENAHAN TANAH PADA PROYEK JALAN POROS TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Eko Eko Membership
  • Alpian Nur MEMBERSHIP
  • Eswan Eswan MEMBERSHIP

Keywords:

xxxxxxxxxxx

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis stabilitas lereng yang ada di ruas Jalan Poros Tabang dan menganalisis keandalan struktur dinding penahan tanah apabila diaplikasikan pada penanganan longsoran yang ada di ruas Jalan Poros Tabang. Penelitian ini dilaksanakan pada ruas jalan Poros Kembang Janggut–Tabang di Kabupaten Kutai Kartanegara, sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 3. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui survei langsung di lapangan, meliputi hasil pengukuran topografi pada titik longsor 1 serta data uji tanah dari masing-masing titik longsor. Dari 15 titik yang diidentifikasi memiliki potensi longsor berdasarkan hasil investigasi, penelitian ini difokuskan pada satu titik, yaitu titik 1, yang dipilih sebagai sampel untuk analisis. Untuk memberikan gambaran umum mengenai tahapan pelaksanaan penelitian, disusun kerangka pikir dalam bentuk diagram alir yang menjelaskan alur dan skema penelitian secara sistematis. Dari hasil analisa terhadap mekanisme longsoran toe circle dengan metode irisan pada penampang kondisi eksisting, didapat nilai faktor keamanan sebesar 3,798 atau lebih besar dari 1,5 yaitu nilai faktor keamanan sesuai dengan ketentuan dalam SNI 8460:2017.  Sedangkan dari hasil analisa terhadap mekanisme longsoran toe circle dengan metode Bishop pada penampang kondisi eksisting, didapat nilai faktor keamanan sebesar 4,885 atau lebih besar dari 1,5 yaitu nilai faktor keamanan sesuai dengan ketentuan dalam SNI 8460:2017. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa kondisi lereng eksisting yang berada pada ruas jalan poros Tabang berada dalam kategori stabil, sehingga memenuhi persyaratan keandalan stabilitas lereng.

References

Aini Q, Kopa R, Har R, (2018), Analisa Kestabilan Lereng Studi Kasus Kelongsoran Ruas Jalan Sicincin-Malandak KM 27.6 Kecamatan Malalak Kabupaten Agam, Jurnal Fakultas Pertambangan, Universitas Negeri Padang.

Badan Standarisasi Nasional, (2017), SNI 8460:2017 Persyaratan Perancangan Geoteknik, Jakarta.

Bhadkumbe A.C, Patil S.M., Kannamwar P.V., 2019, A Review on Behaviour of Retaining Wall, Proceedings of Conference on Advances on Trends in Engineering Projects (NCTEP-2019) in Association with Novateur Publications.

Carlos A Lazarte, Elias, V, Espinoza, R.D, And Sabatini, P.J. 2013, Soil Nailing Walls Geotechnical Engineering Circular, Federal Highway Administration, Wangshington DC.

Ericcson, Makarim A, (2019), Analisis Kegagalan Desain Retaining Wall Pada Tanah Dengan Kepadatan Lunak Sampai Sedang, Jurnal Mitra Teknik Sipil, Volume 2 Nomor 3.

Fajar, Ramadhani, (2016), Analisis Stabilitas Lereng Dengan Dinding Penahan Tanah Kantilever Menggunakan Program Plaxis, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Giroud, J.P, Noiray, 1981. Design of Geotectile Reinforced Unpaved Roads, Journal of the geotechnical Eng.

Hardiyatmo, H.C, (2006), Mekanika Tanah I, Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Manurung R, Silmi N, Djarwati N, (2016), Analisa Stabilitas Lereng Berdasarkan Hujan 3 Hari Berurutan Di Das Tirtomuyo, Jurnal Matriks Teknik Sipil.

Pangeman V.G.M, Sompie O.B.A., (2014), Analisa Kestabilan Lereng Dengan Metode Fellenisius, Jurnal Sipil Statik Volume 2 Nomor 1.

Putra T.G.S, Ardana M.D.W, Aryati M, (2010), Analisa Stabilitas Lereng Pada Badan Jalan dan Perencanaan Perkuatan Dinding Penahan Tanah, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Volume 14 Nomor 1.

Setyanto, Zakaria A, Permana G.W, (2016), Analisa Stabilitas Lereng dan Penanganan Longsoran Menggunakan Metode Elemen Hingga Plaxis V.8.2, Jurnal Rekayasa Volume 20 Nomor 2.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles