KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PT MITRA MEGAH TULUNGAGUNG
Keywords:
Komunikasi Organisasi, Budaya Organisasi, Kuasi-kualitatif.Abstract
Komunikasi yang efektif dalam organisasi merupakan kunci penting dalam mencapai tujuan strategis yang telah dirumuskan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja PT Mitra Megah, sebuah perusahaan retail bahan bangunan yang berlokasi di Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan pendekatan kuasi-kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan manajer dan karyawan, serta didukung oleh studi dokumen. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi yang terstruktur, baik dalam bentuk formal maupun informal, berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan koordinasi antar departemen dan penguatan budaya organisasi. Sebaliknya, hambatan komunikasi seperti kurangnya saluran informasi yang jelas dapat memicu kesalahpahaman dan penurunan produktivitas kerja. Studi ini menekankan pentingnya penerapan strategi komunikasi internal yang terintegrasi dan berkelanjutan sebagai upaya memperkuat hubungan kerja dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada manajemen PT Mitra Megah untuk menyelenggarakan pelatihan komunikasi dan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi sebagai sarana pertukaran informasi antar unit kerja.
References
Anggriawan, F. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Area Pelayanan di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(4), 260–274.
Arifin, F., Troena, E., Djumahir, M., & Rahayu, M. (2014). Organizational culture, transformational leadership, work engagement and teacher’s performance: Test of a model. International Journal of Education and Research, 2(1), 1–14.
Carter, N. (2014). The use of triangulation in qualitative research. Number 5/September 2014, 41(5), 545–547.
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Huang, Y. (2020). Situation Awareness and Information Fusion in Sales and Customer Engagement: A Paradigm Shift. 2020 IEEE Conference on Cognitive and Computational Aspects of Situation Management (CogSIMA), 113–121.
Nainggolan, N. T., Mawati, A. T., Gandasari, D., Ardiana, D. P. Y., Purba, B., Kato, I., Silalahi, M., Purba, S., Rahayu, P. P., & Damayanti, W. K. (2021). Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika. Yayasan Kita Menulis.
Sagala, H. S., & Sos, S. (2016). Memahami organisasi pendidikan: Budaya dan reinventing, organisasi pendidikan. Prenada Media.
Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., Ummah, A. H., Arifudin, O., Hanika, I. M., Zusrony, E., Chairunnisah, R., & Ismainar, H. (2021). Komunikasi Organisasi.
Suranto A.W. (2018). Komunikasi Organisasi: Prinsip Komunikasi untuk Peningkatan Kinerja Organisasi.
Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.
Zhang, Y., Zhang, C., & Liu, M. (2022). Effects of top-down, bottom-up, and horizontal communication on organizational commitment: evidence from chinese internet firms. IEEE Transactions on Professional Communication, 65(3), 411–426.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhimas Wahyu Mada Utama , Patrisia Amanda Pascarina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.