INTENSITAS PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT FOTOGRAFI GENERASI Z INDONESIA

Authors

  • Tasem Sumarni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Siti Nursanti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33578/mbi.v16i10.13

Keywords:

Media sosial instagram, minat fotografi, generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari intensitas penggunaan instagram terhadap minat fotografi generasi Z. Penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian adalah generasi Z yang ada di Indonesia dan aktif menggunakan media sosial instagram. Hasil dari penelitian tersebut adalah : Adanya hubungan antara Intensitas penggunaan media sosial instagram dengan minat fotografi, yaitu dengan jumlah sebesar 0,790 atau 79%. Sedangkan R Square (konfisien determinasi) menghasilkan jumlah 0,624 atau sebesar 62.4% dengan kata lain Intensitas Media Sosial Instagram sebagai variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Minat Fotografi.

References

N. N. Rohmah, “Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification),” Al-I’lam J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2020.

N. A. Sari, B. Bukhari, U. Usman, and P. K. Hamzah, “Hubungan Motif dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram di Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2014-2017,” AL MUNIR J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 10, no. 2, pp. 74–78, 2019, doi: 10.15548/amj-kpi.v2i2.492.

E. Fitrina, A. Ramdhan, M. Desain, F. Seni, and I. T. Bandung, “Pengaruh Visualisasi Foto OOTD ( Outfit of The Day ) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion Terhadap Persepsi Wanita,” no. Gambar 1, pp. 6–11, 2017.

F. Arbi and S. I. Dewi, “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Kamera Indonesia Malang,” JISIP J. Ilmu Sos. Dan Ilmu Polit., vol. 6, no. 2, pp. 69–74, 2019, [Online]. Available: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1474/1055.

N. Ni, “Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 ( Kajian Analisis Teori Uses And Gratification ),” vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2020, [Online]. Available: file:///C:/Users/ACER/Downloads/2957-9362-1-PB.pdf.

M. I. Taqwa, INTENSITAS PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STORIES DENGAN KESEHATAN MENAL. malang, 2018.

R. Khrishananto and M. A. Adriansyah, “Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z,” vol. 9, no. 2, pp. 323–336, 2021, doi: 10.30872/psikoborneo.

M. Ikbal and M. A. Ghofur, “Efektivitas Unggahan Foto di Akun Instagram @indtravelers.co terhadap Minat Berlibur Komunitas Backpacker Malang,” vol. 8, no. 1, pp. 52–64, 2019, [Online]. Available: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/download/1532/1128.

A. S. Selfia Ratna Kasih, Asep M. Ramdan, “MINAT BELI KAUM MILENIAL PENGGUNA INSTAGRAM,” vol. 3, no. 1, pp. 52–61, 2020.

M. P. Dr. Yayat Suharyat, “Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia,” vol. 1 (3), pp. 1–19, 2009.

P. A. Lestari, “PELATIHAN TEKNIK FOTOGRAFI MENGGUNAKAN SMART PHONE,” vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2020.

A. P. Gunawan, “GENRE FOTOGRAFI YANG DIMINATI OLEH FOTOGRAFER DI INDONESIA,” vol. 5, no. 9, pp. 1234–1245, 2014.

N. Zazin and M. Zaim, “MEDIA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA GENERASI-Z,” 2020.

H. Wijoyo, Y. Cahyono, I. Indrawan, A. L. Handoko, and R. Santamoko, Generasi z & revolusi industri 4.0, no. July. purwokerto: pena persada, 2020.

C. Sinjaya and T. Santoso, “PENGARUH PRODUCT ATTRIBUTES DAN SALES PROMOTION TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING DALAM PRODUK CHATIME PADA GENERASI Z PADA GENERASI Z,” vol. 9, no. 1, p. 10, 2021.

E. I. Innova, “Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesia,” J. e-Komunikasi, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2016, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4851/4460.

Downloads

Published

2022-05-09

Issue

Section

Articles