PENGARUH PEMASARAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN DAYA TARIK WISATA SENDANG KUN GERIT DI DESA JATIBATUR KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH
Keywords:
Pemasaran Digital, Media Sosial, Daya Tarik Wisata, PromosiAbstract
Sendang Kun Gerit merupakan Daya Tarik Wisata yang berlokasi di di Dusun Kukun Gerit Desa Jatibatur Kecamatan Gemolong, Sragen. Daya tarik Sendang Kun Gerit dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Rezeki Jatibatur mempunyai pesona alam yang cukup indah, sehingga menarik kunjungan wisatawan, karena berada di lembah yang dikelilingi dengan perbukitan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital terhadap peningkatan daya tarik wisata Sendang Kun Gerit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan Sendang Kun Gerit diambil pengunjung paling banyak yaitu pada saat weekend sabtu dan minggu selama 2 minggu sebanyak 200 wisatawan yang berkunjung di sendang kun gerit dengan perolehan sampel berjumlah 62 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel media sosial terhadap minat berkunjung ditunjukan dari hasil uji analisis koefisien determinasi yang menunjukan bahwa nilai R Square dengan nilai sebesar 0.626 atau jika diubah menjadi persen yaitu 62,6% yang berarti dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemasaran digital sendang kun gerit sangat besar terhadap peningkatan daya tarik wisata yang ada di Sendang Kun Gerit.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. SUKA
Press UIN Sunan Kalijaga.
Badan Pusat Statistik. Jumlah wisman Jawa Tengah 2025 https://jateng.bps.go.id/id/infographic (diakses tanggal 7 April 2025).
Dameria Girsang, Nova Lusnia Sipayung (2021) Peran Instagram Terhadap Minat
Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung
Kabupaten Simalungun (Pasca Pandemi Covid – 19), Jurnal Darma
Agung, [S.l.], v. 29, n. 3, p. 416–428, dec. 2021. ISSN 2654-3915.
Dauli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi Dan Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kemenpar. (2016) Siaran Pers Digital Marketing Sebagai Sarana Pemasaran Pariwisata Indonesia. http://www.kemenpar.go.id/ (diakses tanggal 22 April 2025).
Kemenparekraf.go.id. 2021. “Alasan Menparekraf Fokus Kembangkan 5 Destinasi Super Prioritas.” kemenparekraf.go.id. https://kemenparekraf.go.id/ragam- pariwisata/AlasanMenparekraf-Fokus-Kembangkan-5-Destinasi-Super- Prioritas.
https://www.rri.co.id/jawa-tengah/wisata/1445726/objek-wisata-di-sragen-hanya-dikunjungi-12-000-wisatawan-selama-lebaran (diakses tanggal 17 April 2025).
Ibrahim, Mochamad Maulana, and Rahmat Edi Irawan. 2021a. “Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19.” Representamen 7(02): 1–7. ———. 2021b. “Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sumber Informasi Pandemi Covid-19.” Representamen 7.02).
Lebaran, Wisata Sragen Raup 12.000 Pengunjung, Tapi Masih Kalah Populer dari Sendang Kun Gerit. https://radarsolo.jawapos.com/sragen/845860509/libur-lebaran-wisata-sragen-raup-12000-pengunjung-tapi-masih-kalah-populer-dari-sendang-kun-gerit. (diakses tanggal 17 April 2025).
Noviawan Rasyid Ohorella, Annisa, Edy Prihantoro. 2022. “PENGARUH AKUN INSTAGRAM @SUMBAR_RANCAK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE SUATU DESTINASI.” 18(2): 9–18.
Nurul dan Sampurno. 2020. Pengaruh Promosi Social Media Instagram Dan Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. 6 (2), 1347-1357. Universitas Telkom.
Syahreza, Kemal, and Nono Wibisono. 2021. “Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Destination
Image Dan Minat Berkunjung Lembang Park & Zoo.” Proceeding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4-5 Augustus 2021: 4–5.
Sragenkab.go.id. Kabupaten Sragen. Diakses pada 2 Maret 2025, dari https://Sragenkab.go.id/jelajah-sukowati/sendang-kun-gerithidden-gem-wisata-baru diSragen.html
Sri Setia, Agus, M., Monoarfa, S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan
Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Jumlah Kunjungan Wisatawan
Mancanegara di Indonesia dan Wisatawan Nusantara di Provinsi
Gorontalo Tahun 2018 - 2021. 6 (1), 225–241.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: IKAPI.
Wiratna, Sujarweni. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faradila Anggun Surya Rini , Hastuti Nurhayati , Damar Ahmad Rifai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.