REBRANDING LESTARI KOPI MENJADI KONSERVATIF COFFEE DALAM UPAYA PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DAN KEBERHASILAN USAHA

Authors

  • Guruh Fajar Alamsyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit

Keywords:

Rebranding, Strategi, Dan Pelanggan

Abstract

Judul Penelitian ini adalah rebranding lestari kopi menjadi konservatif coffee dalam upaya peningkatan loyalitas pelanggan dan keberhasilan usaha. Penelitian ini dilakukan pada kafe Konservatif Coffee berlokasi di Jl. Jeruk II No.12B, Kec. Mentawa Baru Ketapang, Kab. Kotawaringin Timur Prov. Kalimantan Tengah. Kode pos 74312. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan secara mendalam proses rebranding yang dilakukan oleh Konservatif Kopi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara mendalam dengan owner, co-owner dan barista, observasi langsung di lokasi, serta studi literatur terkait rebranding dan industri kafe. Data kualitatif yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yang melibatkan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi diterapkan untuk meningkatkan keabsahan temuan penelitian dengan membandingkan data dari berbagai sumber. Berdasarkan analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan selama proses penelitian. Data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi direduksi menjadi tema-tema utama yang relevan dengan tujuan penelitian. Data kemudian disajikan dalam bentuk naratif, tabel, atau diagram untuk mempermudah pemahaman. Proses verifikasi dilakukan melalui triangulasi data untuk memastikan keabsahan temuan. Dengan menggunakan software NVivo, peneliti dapat mengelola dan menganalisis data secara lebih efisien. Hasil analisis data digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan memberikan gambaran yang komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan rebranding Konservatif Kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rebranding Konservatif Kopi merupakan langkah strategis yang tepat dalam menghadapi tantangan persaingan di industri kafe. Perubahan identitas merek, peningkatan kualitas produk dan layanan, serta penerapan strategi pemasaran yang efektif telah berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan dan pertumbuhan bisnis. Rebranding tidak hanya sekadar mengubah nama, tetapi juga melibatkan transformasi menyeluruh dalam hal citra merek, pengalaman pelanggan, dan strategi bisnis. Penelitian ini menyoroti pentingnya rebranding sebagai alat untuk memperkuat posisi merek di pasar yang dinamis, serta memberikan rekomendasi bagi pelaku bisnis di industri kafe yang ingin melakukan rebranding.

References

Amadeapuri, S. A., & Satiri. (2021). Komunikasi Bisnis Dan Citra Merek Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan. Prosiding Manajemen Komunikasi, 7(1), 292–300.

Arifin, Zainal. 2019. Evaluasi Program Teori dan Praktek dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fandy, Tjiptono. 2017. Pemasaran Startegik (3rd Ed.).

Gaspersz, V. 2008. Total Quality Managament. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Griffin, J. (2015). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.

Hanisa (2021) Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Bisnis Terhadap Keberhasilan Usaha Di Kelurahanjenggi Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Tijarah, Volume 2 No. 22 Juli 2021.

Haris, Murwanto, and Dian Indriana Tri Lestari. 2023. “Rebranding Dan Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan.” Solusi 21(1): 443. doi:10.26623/slsi.v21i1.6125.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Miftah, A. 2020. Budaya Bisnis Muslim Jambi dalam Perspektif Kearifan Lokal. Gang Kaserin: Ahlimedia Perss.

Moenir. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukhtar. 2013. METODE PRAKTIS PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF.

Philip Kotler and Gary Amstrong. (2017). Principles of Marketing (seventeent). Pearson Education Limited.

Putri, S. A., & Salman. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Terhadap Loyalitas Pelanggan. Kalbisocio, Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 8(2), 32–39.

Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Rizqia, F. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal, Harga dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian Halal Food, di Studio Foodcourt Tunjungan Plaza Surabaya (Skripsi). Universitas Islam Negeri sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Sitorus, Sunday Ade, Nada Arina Romli, Chairul Pua Tingga, Ni Putu Sukanteri, Seprianti Eka Putri, Antonius Philippus Kurniawan Gheta, Aditya Wardhana, et al. 2022. Brand Marketing: the Art of Branding Brand Trust Dan Brand Attitude.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta

Sugiyono, P. D. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Bandung:alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:ALFABETA.

Suryana Yuyus, dan Kartib Bayu. 2013. Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Kencana, Jakarta. ISBN: 978-602-7985-23-0.

Widodo, Djoko Setyo. 2020. Membangun Startup Entrepreneur Yang Unggul. Penerbit: Penebar Media Pustaka, Yogyakarta.

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Articles