PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL AMANTIS DEMAK

Authors

  • Siti Nurjannah Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Aletta Dewi Maria Th Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

Keywords:

Diferensiasi Produk, Citra Merek,, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diferensiasi produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan di Hotel Amantis Demak. Topik ini diangkat karena loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam industri perhotelan yang sangat kompetitif, khususnya di wilayah berkembang seperti Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dan analisis data dilakukan melalui regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian telah diuji dan terbukti reliabel dengan nilai Cronbach's Alpha di atas 0,7 untuk seluruh variabel. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Uji t menunjukkan bahwa secara parsial, citra merek memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan diferensiasi produk. Koefisien determinasi (R²) sebesar 92,3% menunjukkan bahwa model penelitian ini mampu menjelaskan variabel loyalitas pelanggan dengan sangat baik. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan citra merek dan penerapan strategi diferensiasi produk sebagai upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan strategis dalam pengembangan kebijakan pemasaran Hotel Amantis di masa mendatang

References

BPS, “Statistik Hotel dan Akomodasi.,” Jakarta Badan Pus. Stat., 2023.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran. 2017.

K. L. Kotler, P., & Keller, Marketing Management. 2016.

R. Yanti, “Efektivitas Bauran Promosi Pada Pt. Barelang Citra Wisata Batam Ditentukan Oleh Epic Model,” J. Communiverse, vol. 4, no. 2, pp. 51–61, 2019.

I. Mentari and M. H. Christina, Analisis Dan Usulan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Kafe (Studi Kasus: Kafe Lumiere), no. October. 2015. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Christina-Christina-6/publication/334205123_analisis_dan_usulan_strategi_pemasaran_untuk_meningkatkan_penjualan_pada_kafe_studi_kasus_kafe_lumiere/links/5d1cd305299bf1547c94fe3f/analisis-dan-usulan-strategi-pemasaran-u

A. D. Kristianto and T. A. Wahyudi, “Pengaruh citra merek, persepsi kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan,” J. Manaj. Strateg. dan Apl. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 117–126, 2019, doi: 10.36407/jmsab.v2i2.74.

C. Setiawan, C. Hidayat, and D. Gantina, “Pengaruh Citra Merekdan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Tjampolay di Pusat Oleh-Oleh Cirebon,” J. Ilm. Pariwisata, vol. 28, no. 3, pp. 319–329, 2023, [Online]. Available: https://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1760

I. G. B. R. Utama, Pengantar Industri Pariwisata. 2014. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/Pengantar_Industri_Pariwisata.html?id=lqr4CQAAQBAJ&redir_esc=y

T. Widjianto, “Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Objek Wisata Ketep Pass,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

et al. Lamb, Charles W., Essentials of Marketing. Cengage Learning, 2019.

M. E. Porter, “Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance.,” Free Press., 1985.

J. Bousquet et al., “Guidance to 2018 good practice: ARIA digitally-enabled, integrated, person-centred care for rhinitis and asthma,” 2019. doi: 10.1186/s13601-019-0252-0.

H. A. Doğanülkü and O. Korkmaz, “The role of proactive personality and general self-efficacy in proactive career behavior: a mediation model,” Int. J. Educ. Vocat. Guid., no. 0123456789, 2023, doi: 10.1007/s10775-023-09597-9.

C. Pokorny, B. Juhnke, and L. Griffin, “A Visible Functional Grasp to Measure the Complete Hand,” 2020. doi: 10.1007/978-3-030-51194-4_77.

A. Noor, Manajemen pemasaran, no. April. 2022.

G. Kotler, P., & Armstrong, Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Reynilda, “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Hative Ambon,” J. Econ., vol. 8, no. 2, pp. 151–159, 2020, [Online]. Available: https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/289

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Articles