HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN, PERILAKU DAN PRAKTEK DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA KEBUGARAN CANDEN

Authors

  • Wardiyanta Wardiyanta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahamd Dahlan
  • Ifada Rahmayanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahamd Dahlan
  • Rohmad Yuliantoro Catur Wibowo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahamd Dahlan

Keywords:

Communication Effectiveness, Front Office, Housekeeping, Work Coordination, Guest Service

Abstract

Partisipasi masyarakat setempat dalam pengembangan pariwisata sangat penting untuk menjamin keberlanjutannya. Penelitian ini mempelajari partisipasi masyarakat Canden dalam pengembangan destinasi wisata kebugaran di Canden. Secara lebih lengkap penelitian dimulai dengan mempelajari dimensi pengetahuan, sikap, dan praktik masyarakat setempat terhadap pariwisata kebugaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tingkat KAP dan untuk menentukan hubungan antara tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Model Praktik (KAP) masyarakat Canden. Penelitian ini menggunakan metodologi cross-sectional dan kuesioner standar untuk mengumpulkan informasi dari Sembilan puluh enan responden dari masyarakat Canden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan destinasi wisata kebugaran Canden belum sepenuhnya terlaksana sehingga perlu dilakukan penataan dokumen, prosedur, dan perencanaan pembangunan ke depannya agar proses pembangunan dapat lebih terarah, partisipatif, efektif dan efisien. Masyarakat Canden memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi tentang pariwisata kebugaran, tingkat sikap dan praktik yang sedang, yang menunjukkan ketidakkonsistenan yang signifikan antara kesadaran. Hasilnya menunjukkan bahwa pengetahuan tidak berkorelasi secara signifikan dengan sikap atau praktik, meskipun sikap terhadap pariwisat kebugaran memiliki pengaruh yang lemah tetapi cukup besar terhadap praktik. Pemerintah kalurahan Canden memerlukan pendampingan dalam menggerakkan partisipasi masyarakat desa dan dengan memperhatikan karakter masyarakat Canden, FGD cocok untuk dilaksaakan karena metode ini mudah dilaksanakan, tidak memerlukan biaya yang besar, dan peluang munculnya keterbukaan masyarakat dalam FGD lebih besar serta membuka peluang munculnya ide-ide alamiah yang mencerminkan karakter fundamental masyarakat.

References

O’Fallon MJ RD. Hotel Management and Operations. 5th ed. Hoboken: Wiley. 2011.

Jones P LA. The Management of Hotel Operations. London: International Thomson Business Press. 2004.

Lashley C MA. In Search of Hospitality: Theoretical Perspectives and Debates. Oxford: Butterworth-Heinemann. 2000.

Nugroho S PK. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Efektivitas Komunikasi di Hotel Bintang Lima. J Adm Bisnis 10(1)22–30. 2022;

Chathoth PK, Altinay L, Harrington RJ, Okumus F CE. Co-production versus co-creation: A process based continuum in the hotel service context. Int J Hosp Manag. 2021;

ML T. Human Resources Management for the Hospitality Industry. 2nd ed. Albany: Delmar Cengage Learning. 2000.

E. S. Manajemen Komunikasi dalam Organisasi Layanan: Studi Kasus di Industri Perhotelan. J Manaj Komunikasi 9(2)144–158. 2021;

S. H. Strategi Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Hotel. J Komun dan Bisnis7(1)39–48. 2023;

Robbins SP JT. Organizational Behavior. 17th ed. Boston: Pearson. 2017.

Yuliana D MF. Shift Kerja dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Komunikasi Karyawan Hotel. J Perhotelan dan Pariwisata 6(2)51–60. 2020;

Kreitner R KA. Organizational Behavior. . 9th ed. Boston: McGraw-Hill/Irwin. 2009.

R. A. Analisis Komunikasi Antar Departemen di Hotel Bintang Tiga. J Manaj Perhotelan Indones. 2020;

Rahmawati N KD. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pelayanan Kamar Hotel. J Ilmu Komunikasi13(1)77–85. 2019;

Tan AW, Loo K CT. Improving Interdepartmental Communication Using Digital Tools in Malaysian Hotels. Asian J Hosp Tour 21(3)55–68. 2021;

Moleong LJ. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.; 2015.

Ardani SS, Khairani R, Alfaiz DN, Nofirda FA. Analisis Pengalaman Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk terhadap Perilaku Konsumen pada TikTok Shop. J Pendidik Tambusai. 2024;8(1):2913–9.

Nainggolan, N.T. dkk. Komunikasi organisasi: teori, inovasi dan etika. Medan: Yayasan Kita Menulis.; 2021.

Downloads

Published

2025-05-27

Issue

Section

Articles