KUALITAS PRODUK SEBAGAI FAKTOR KUNCI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN
Keywords:
Kualitas Produk; Kepuasan Pelanggan, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen di PT Woori Sukses Apparel. Kualitas produk menjadi faktor utama dalam menciptakan kepuasan pelanggan, yang pada akhirnya berdampak pada loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pelanggan dan manajemen perusahaan serta analisis dokumentasi terkait kualitas produk dan kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki peran penting dalam membentuk kepuasan pelanggan, terutama dalam aspek daya tahan dan desain produk. Pelanggan yang merasa puas dengan kualitas produk cenderung menjadi pelanggan yang loyal. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya kendala dalam konsistensi warna dan keterlambatan pasokan produk yang dapat memengaruhi kepuasan pelanggan.
Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas produk serta efisiensi dalam rantai pasokan sangat penting untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas konsumen yang lebih kuat. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi faktor lain yang mempengaruhi loyalitas, seperti harga dan layanan purna jual.
References
Candrama, D. (2022). Pengaruh Total Quality Management (TQM). Gaya Kepemimpinan, 110.
Chusnah, & Syukhul, M. (2022). Pengaruh Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan, Lokasi dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Karyawan PT. Binajasa Abadi Karya). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 166–181.
Darma, D. A., Abdussamad, Z. K., & Rahman, E. (2022). Pengaruh Strategi Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UMK Kuliner Di Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah …, 5(1), 238–250. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/14767
Desain, K. P. (2022). MANAJEMEN.
ELLIYANA, E. dkk. (2022). Dasar-dasar Pemasaran (Vol. 1). www.ahlimediapress.com
Fadilla, I., Wardana, B., Astutiningsih, E., Islam, U., Sayyid, N., & Tulungagung, A. R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderating) Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2626–2640.
Hamidi, Z. D., & Prakoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Kecap Manis Merek “GAN” Di Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 4(2), 1–18. https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/69
Kasus, S., Karya, U., Bima, S., & Woha, K. (2024). Economics Science and Administration. 1(2), 22–36.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.
lian. (2023). PENGARUH ATRIBUT ISLAM DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN DENGAN CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PARIWISATA DI KOTA SURAKARTA (Vol. 5). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Sunaryo, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan Merek terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online Tokopedia. Manajemen, 8(1), 60–77. https://doi.org/10.30656/jm.v8i1.662
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Susanto, Y., & Realize, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459
Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(2), 146. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i2.712
Yudha, E. P., Rifai, A. A., & Adela, A. S. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN RESTORAN CEPAT SAJI McDONALD’S. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1003. https://doi.org/10.25157/ma.v8i2.7558
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juwita Daya , Aletta Dewi Maria Th

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.