EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BIPA DENGAN METODE CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP)

Authors

  • Prinastining Dyah Wigati Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Rudy Pramono Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan, Jakarta

Keywords:

evaluasi, evaluasi CIPP, BIPA, Indonesian Studies

Abstract

Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) diberikan kepada Warga Negara Asing (WNA) yang belajar di SMP XYZ dengan menggunakan izin belajar yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Seperti yang tertuang pada Permendikbud No. 31 Tahun 2014, siswa didik WNA wajib diajarkan Bahasa Indonesia dan Budaya Indonesia (Indonesian Studies). SMP XZY adalah sekolah SPK di mana ada siswa WNA yang berhak diajarkan Indonesian Studies. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran BIPA di jenjang SMP XYZ dengan menggunakan model penelitian CIPP (Context, Input, Process, Product). Analisis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi evaluasi. Responden penelitian ini adalah guru BIPA, siswa WNA SMP XYZ, alumni, dan orang tua siswa. Instrumen yang digunakan menggunakan instrumen non test yang berbentuk kuesioner terbuka, kuesioner ini diberikan kepada seluruh sampel melalui google form. Deskripsi kualitatif akan dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasi, mengintepretasi, dan menyimpulkan. Dari penelitian ditemukan bahwa adanya kesesuian pelaksanaan dengan pedoman dan rekomendasi perbaikan yang bermanfaat untuk pengembangan program pembelajaran BIPA.

References

Wirawan, Abdul. 2018, Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Dengan Metode Immersion Terintegrasi Budaya Indonesia. Kongres Bahasa Indonesia.

Istanti, W., dan Nugroho, Y. E. (2019). Optimalisasi Manajemen Pengelolaan BIPA Sebagai Peluang. Seminar BIPA 2 “Eksistensi BIPA Di Dunia Global” Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 118–129, diakses 5 Oktober 2024.

Suyitno, Imam (2007) "Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar," Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia: Vol. 9: No. 1, Article 5, diakses 3 Desember 2024.

Rivers, M. W. (1968), Teaching foreign language skills. Chicago: Chicago University Press.

Robinson, Pauline. (1980), English for Specific Pusposes. Oxford: Pergamon Press.

Munby, John. Communicative Syllabus Design. Cambridge: Cambridge University Press, 1980.

Barbazette, J. “What is Needs Assessment?”, 2006.

Arikunto, S, and C.S.A Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Stufflebeam, Daniel L., and Shinkfield. (2007). Evaluation Theory, Models, & Applications. San Francisco: Jossey Bass.

Suherman, E, and Y Sukjaya. (1990). Petunjuk Praktis Untuk Melakukan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Sinar Grafika Offset.

Briekerhoff, R.O., et-al. (1983). Program Evaluation. A Source Book. Boston: Kluwer Nijboff Publishing.

Ruysdi, Ananda, and Tien Rafida. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana.

Frey, B., B (Editor). (2018). The Sage Encyclopedia of Educational Research, Measurement, And Evaluation. California: Sage Publications, Inc.

Asngari. H. (2018). CIPP (Context, Input, Process, Product)

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.

Creswell, J.W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th Edition, SAGE Publications, Inc., London, 2013.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-04-28

Issue

Section

Articles