PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V UPT SDN 3 SANGALLA UTARA

Authors

  • Emi Liana Reta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Irene Hendrika Ramopoly Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Tadius Tadius Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Sparkol Videoscribe, Hasil Belajar IPAS.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN 3 Sangalla Utara. Hal ini disebabkan oleh faktor siswa dan faktor guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan baik pada aktivitas guru maupun pada hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I, yakni 46 dengan kualifikasi kurang, pada siklus II meningkat mencapai 85 dengan kualifikasi sangat baik. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sudah mencapai KKTP yang ditentukan oleh sekolah yaitu 80. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran IPAS kelas V, maka hasil belajar siswa meningkat.

References

Abdul, Didik, Junaedi dkk. (2021).Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Anugerah Dwi. (2023, August 19). Media Pembelajaran dan Jenis-Jenisnya -UMSU Kampus Terbaik. FKIP UMSU. Retrieved October 4, 2023, from https://fkip.umsu.ac.id/2023/08/19/media-pembelajaran-dan-jenis-jenisnya/

Arikunto, Suharsimi, dkk. Pendidikan Tindakan Kelas. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, (2021).

Arsyad Azhar. M.A. (2022). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Barudin. 2023. Pengembangan Pembelajaran IPAS Berbasis Media Sparkol Videoscribe, NTB: pusat pengembangan pendidikan dan penelitian Indonesia

Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal Of Student Research, 1(1), 282–294. Https://Doi.Org/10.55606/Jsr.V1i1.993

Ernawati. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rubrik Penilaian Melalui Pembinaan Terstruktur ( Penelitian Tindakan di SDN 1 Cempaka Lampung Utara ) Ernawati Dinas Pendidikan Lampung Utara Pendahuluan Guru Sekolah Dasar mempunyai peranan penting karena member. Pedagogia-Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, Vol 2(No 1), 97–106.

Fabiana Meijon Fadul, (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Tema 7 Subtema 3 Untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru Universitas Islam Riau,8,

Faisal. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Ipa 2 Materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Di SMAN 4 Jeneponto. E-ISSN: 2807-8632. Published by : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 3(1), 115–123.

Firdayanti, Neni. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya di Indonesia Kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang. (Skripsi) Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Harahap, S. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbantuan Pendekatan Open Ended pada Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat di Kelas X MAN 2 Palas (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hardani, Parta. "Pengertian observasi, tujuan, manfaat, jenis, dan menurut para ahli." Diakses melalui alamat https://pendidikan. co. id/2020/12/17/pengertian-observasi-tujuan-manfaatjenis-dan-menurut-para-ahli. Tanggal 29 (2020).

Inayah, A., Harahap, F. K. S., Widia, F., Purba, H. M., & ... (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran IPS di MI/SD. Jurnal Pendidikan Vol.8, 674–681. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12446%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12446/9577.

Ishaq, M. I., Zubainur, C. M., & Umam, K. (2022). Pengembangan Media Video Menggunakan Aplikasi Videoscribe Pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Peluang, 8(2), 27-36. http://e-repository.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/22002

Iskandar, A., Sudirman, A., & Safitri, M. (2020). Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menilis.

Nugroho, A., & Sari, R. (2022). Peran Pendidikan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(3), 45-56.

Nur, & Anisa, P. (2023). Pengaruh Aplikasi Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 10.

Rahmawati, N.D. (2023) ‘Analisis Faktor Risiko Kejadian Stunted, Underweight, dan Wasted Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Rangkapan Jaya, Kota Depok, Jawa Barat Tahun 2022’, Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan,3(2),p.88.Available.at: https://doi.org/10.51181/bikfokes.v3i2.6820.

Ramah, D. A., & Arwin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2011–2023.

Reni, Ayu Lestari. Pengembangan Video Berbasis Sparkol Videoscribe Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas V SD/MI. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2021.

Suparyanto & Rosad. (2020). Teknik analisis data. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPAS. Khazanah Pendidikan, 17(1),186-196.

Wati, T. N., & Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar. National Conference for Ummah (NCU), 1(1), 1–16

Wirasatriya, P. A., Wahyuni, D. S. (2020). Efektivitas Media E-Learning Dengan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Karmapati .9(2), 161–171.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yulistiana & Setyawan A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyujuah 9. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 593.

Zubainur, dkk. 2020.”How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools?”. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159: 309-313. Diakses tanggal 3 Oktober 2020. 10.47353/bj.v2i1.50.

Setyastuti, Citra Sintha, Aan Budi Santoso, and Usmani Haryanti. 2022. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten , Tahun Pelajaran 2021 / 2022.” 9(1):32–42.

Sholehatin, Sholehatin, and Wirdati Wirdati. 2021. “Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama.” An-Nuha 1(3):251–70. doi: 10.24036/annuha.v1i3.78.

Shomad, Moh. Abdul, and Susi Rahayu. 2022. “Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) 2(2):2829–3363.

Simbolon, Marlina Eliyanti, and Yani Fitriyani. 2021. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 6(1):34. doi: 10.25078/aw.v6i1.1810.

Sintha Setyastuti, Citra, Aan Budi Santoso, and Usmani Haryanti. 2021. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdn 1 Munggung.” Berajah Journal 2(1):58–62.

Suleman, Dajani, Yatun R. Hanafi, and Abdul Rahmat. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2):713. doi: 10.37905/aksara.7.2.713-726.2021. Tinggi, Sekolah, Agama Islam, An-Nawawi Purworejo, and Ahmad Zawawi Subhan. 2020. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Adi Wibowo.” Indonesian Journal of Islamic Education Management 3(2):108–16.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2):3928–36. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

Yana, Asep, Teknik Mesin, and Politeknik Negeri Jakarta. n.d. “Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Baku Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta.” 3(1):46–56.

Yulistiana, and Agung Setyawan. 2020. “Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyujuah 9.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1(1):724–730.

Downloads

Published

2025-03-27

Issue

Section

Articles